Sejumlah wilayah yang telah mengikuti Lokakarya kampanye pemeriksaan bulan viral load batch 1 tahap 1 telah mulai melakukan pemeriksaan viral load di layanannya. Di minggu kedua setelah lokakarya, Kota Bandung telah melakukan pengiriman spesimen sebanyak 482 spesimen dari total target 900. Angka ini terbilang cukup tinggi dengan target pencapaian 53% dalam kurun waktu 2 minggu setelah dimulai pelaksanaan bulan pemeriksaan viral load. Tentunya keberhasilan ini perlu diterapkan juga di wilayah lainnya guna meningkatkan target capaian pemeriksaan viral load bagi ODHA. Untuk mendukung hal ini, selama 4 hari diselenggarakan lokakarya bulan viral load batch 1 tahap 2, yaitu pada tanggal 3-4 Agustus 2020 untuk wilayah DKI Jakarta dan 5-6 Agustus 2020 untuk 7 Provinsi yaitu, Lampung, Jawa Tengah, Bali, DIY, NTT, Sulawesi Utara, dan Papua Barat.

Memberikan Asi Eksklusif bagi Bayi merupakan salah satu pemenuhan hak anak serta awal yang baik bagi anak dalam masa awal kehidupan dan mendukung tumbuh kembang. ASI memberikan manfaat kesehatan bagi bayi terutama untuk pemenuhan nutrisi. Meski demikian ada sejumlah kondisi yang kerap menghalangi ibu dalam memberikan ASI bagi bayi, salah satunya ketika ibu menderita tuberkulosis. Muncul pertanyaan apakah ibu menyusui yang terinfeksi TBC dapat memebrikan ASI bagi bayi?

Anak merupakan sosok yang rentan dan perlu mendapat perlindungan dari orang dewasa di sekelilingnya, terlebih adalah orangtua terutama berkaitan dengan kesehatan anak. Perlindungan ini bertujuan untuk melindungi anak dari berbagai macam penyakit atau infeksi, termasuk infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Tanggal 5 Agustus setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Dharma Wanita Nasional. Dharma Wanita merupakan organisasi yang beranggotakan istri Pegawai Negeri Sipil (PNS). Penetapan Hari Dharma Wanita Nasional dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 1999 dalam rapat nasional. Rapat ini membahas tentang peningkatan kualitas sumber daya anggota keluarga PNS guna mencapai kesejahteraan nasional. Lantas bagaimana kaitannya peran organisasi Dharma Wanita dalam upaya mendukung eliminasi tuberkulosis (TBC) tahun 2030 di Indonesia?

Halaman 1 dari 41