International AIDS Society (IAS) 2021 Conference on HIV Science menekankan pada fakta bahwa orang dengan HIV AIDS (ODHA) sangat berisiko terutama di masa pendemi COVID-19. Ditambah ODHA yang juga merupakan pasien TBC aktif. Salah satu rangkaian dalam acara IAS 2021 menyajikan paparan tentang pengembangan uji diagnostik dan penyediaan pelayanan dalam penanggulangan  TBC-HIV. Paparan yang disajikan berupaya menunjukkan perkembangan situasi TBC dan HIV saat ini, serta menjawab tantangan diagnositik dan pengobatan koinfeksi TBC-HIV selama ini.

Kegiatan Monthly Interim Cohort Analysis (MICA) merupakan suatu analisa kohort bulanan untuk memantau kondisi pasien dalam pengobatan serta pasien yang belum memulai pengobatan. YKI bersama Dinas Kesehatan Kota Makassar menggelar pertemuan MICA bulanan yang bertujuan untuk menekan angka kasus lost to follow up serta membahas masalah hingga mencari solusi bersama dalam pelaksanaan layanan TBC Resistan Obat (TBC RO) di fasilitas kesehatan Kota Makassar. Lebih lanjut kegiatan ini berupaya memastikan kemutakhiran, kelengkapan dan validitas data pasien TBC RO di wilayah Kota Makassar.

Anak lebih mudah tertular TBC dikarenakan kekebalan tubuhnya belum berkembang dengan sempurna. TBC juga merupakan penyakit yang sulit dideteksi jika pengidapnya adalah anak-anak. Hal ini dikarenakan sulitnya mendapatkan sputum dahak untuk uji diagnosis TBC. Padahal, sesuai dengan tata laksana penanggulangan TBC di Indonesia, sputum dahak masih menjadi alat uji diagnosis TBC. Berikut penjelasan mengenai bagaimana pemeriksaan TBC pada anak serta pengobatan yang harus dilakukan.

Vitamin D memiliki nama lain vitamin dari matahari hal ini dikarenakan hampir 80% vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh berasal dari sinar matahari. Berdasarkan hasil penelitian terbitan Journal of Pharmacology & Pharmacotherapeutic, diperkirakan sekitar 50% orang di seluruh dunia mengalami kekurangan vitamin D. Padahal, jenis vitamin ini amat diperlukan oleh tubuh.

Halaman 1 dari 82