YKI dan Dinas Kesehatan Kota Depok Manfaatkan Data Untuk Peningkatan Kualitas Jejaring Layanan TBC

Bertempat di Kantor Dinas Kesehatan Kota Depok, tim DPPM Kota Depok menggelar kegiatan yang disebut DPPM Desktop Review pada 10 Maret 2020. DPPM Desktop review merupakan sarana monitoring indikator program TBC khususnya notifikasi kasus TB secara bulanan yang melibatkan sejumlah pihak. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Koalisi Organisasi Profesi Indonesia untuk Penanggulangan Tuberkulosis (KOPI TB) yang terdiri dari perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), perwakilan dari Dinas Kesehatan serta tim IO PPM.

Kegiatan ini penting dilakukan sebagai upaya pemantauan terhadap indikator DPPM serta untuk menentukan tindakan berdasarkan data yang diamati. Selain itu juga untuk mendiskusikan SK KOPI TB dan rencana kerja tim DPPM bersama KOPI TB Kota Depok.

Kegiatan ini diawali dengan paparan Dinkes Kota Depok, yang kemudian dilanjutkan dengan paparan dari technical officer (TO) IO PPM mengenai indikator-indikator DPPM, dan dilanjutkan dengan diskusi mengenai kendala dan solusi masalah mengenai implementasi strategi DPPM. Kegiatan desktop review bermanfaat dalam pemantauan indikator DPPM di tiap fasilitas kesehatan dan penentuan rencana supervisi fasilitas kesehatan yang belum terlibat secara optimal dalam jejaring layanan TBC.

Teks dan foto: Ade Maryanto
Editor: Melya Findi dan Yeremia PMR