PENGUMPULAN DAHAK UNTUK SKRINING TBC PADA PEKERJA

Pada hari Kamis (18/6), Yayasan KNCV Indonesia bersama dengan tenaga kesehatan di salah satu kawasan pabrik alat berat di Jakarta Utara melakukan edukasi dan pembagian pot dahak kepada para pekerja. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pemeriksaan kesehatan dan skrining tuberkulosis (TBC) yang sebelumnya telah dilakukan di pabrik ini. Tiap pekerja akan diminta untuk mengumpulkan dahak secara mandiri di rumah masing-masing dengan mengacu pada petunjuk cara pengumpulan dan pengemasan dahak yang diberikan melalui media edukasi (video dan leaflet).

Pot dahak ini kemudian dikumpulkan kembali pada hari Senin dan Selasa (22-23/6) ke poliklinik yang tersedia di pabrik untuk dilakukan pemeriksaan diagnosis TBC di laboratorium rujukan. Kegiatan ini merupakan implementasi dari proyek WOW TB (Women Empowerment in Workplace to End TB), yaitu program skrining TBC di tempat kerja melalui pemberdayaan perempuan guna menciptakan lingkungan kerja bebas TBC. Proyek ini mendapatkan pembiayaan dari Stop TB Partnership dalam Proyek TB Reach Wave 7.

WOW TB mengundang perusahaan industri di wilayah Jakarta Utara (Kec. Tanjung Priok, Penjaringan, Cilincing), Jakarta Timur (Kec. Cakung), dan Kota Tangerang (Kec. Jatiuwung) untuk mendaftarkan perusahaannya dalam program Skrining dan Pemeriksaan TBC untuk Pekerja Industri ini.

Teks dan foto: Amadeus Rembrandt
Editor: Denisa Widyaputri