Dukungan Bagi Puskesmas Mentarau Dalam Penanggulangan TBC di Masa Pandemi COVID-19

Mentarau adalah salah satu wilayah yang berada di Kecamatan Sekupang, Kota Batam. Di wilayah ini, pemerintahan Kota Batam telah meresmikan sebuah Puskesmas baru pada bulan Februari 2020, yaitu Puskesmas Mentarau. Puskesmas Mentarau menjadi salah satu Puskesmas baru ke 21 yang berada di wilayah Kota batam. Sejak diresmikan, Puskesmas Mentarau sudah melakukan tugas utama mereka, yaitu pelayanan pengobatan kepada masyarakat yang berobat ke Puskesmas, termasuk juga untuk layanan TBC. Meski demikian menurut kepala Puskesmas Mentarau, Jupiter, SKM, saat ini Puskesmas Mentarau belum bisa melakukan pemeriksaan TBC pada pasien secara mandiri, namun bekerja sama dengan Puskesmas Sekupang untuk pemeriksaan diagnosis TBC, karena belum tersedianya tenaga analis laboratorium untuk melakukan pemeriksaan mikroskopis.

Dalam pengobatan pasien TBC, Puskesmas Mentarau sudah menyediakan fasilitas layanan bagi pasien untuk mengambil obat serta layanan konsultasi dengan dokter. Jupiter juga menyatakan pada masa pandemi ini pihak Puskemas berharap masyarakat tetap memiliki inisiatif untuk memeriksakan diri ke Rumah Sakit apabila memiliki gejala TBC. Sehingga apabila pihak Rumah Sakit telah mengeluarkan hasil pemeriksaan positif TBC, maka pasien kemudian dapat melanjutkan pengobatan di Puskesmas Mentarau.

Yayasan KNCV Indonesia saat ini telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Batam terhadap permasalahan di Puskesmas Mentarau dalam penanggulanan TBC di wilayah kerja mereka. Menurut kasie P2M, Yantri Wirmansyah, SKM, Dinas Kesehatan Kota Batam mendukung Puskesmas Mentarau dalam penanggulangan TBC sebagaimana hal ini sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum walau dimasa pandemi.



"Penanggulangan TBC itu wajib sesuai dengan SPM walau dimasa pandemi ini. Dinas Kesehatan bersinergi dengan YKI akan selalu mendukung baik perihal logistik maupun non logistik terhadap penanggulangan TBC di wilayah Mentarau,” ujar Yantri Wirmansyah dalam diskusinya.

YKI bersama PDPI melalui dukungan proyek Global Fund Catalytic Funding menggunakan aplikasi SITRUST untuk memfasilitasi transportasi spesimen. Aplikasi ini mendukung Puskesmas dalam mengirimkan spesimen dahak ke fasilitas kesehatan yang mempunyai alat pemeriksaan Tes Cepat Molekuler TBC.


Teks dan foto: Billy Octian
Editor: Melya Findi dan Yeremia PMR