WOW-TB: Penandatanganan MoU YKI dan PT. JIEP Dalam Upaya Memutus Rantai Penularan TBC di Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja menjadi salah satu wilayah yang memiliki potensi penularan penyakit yang tinggi. Kepadatan serta intensitas masyarakat berinteraksi di dalamnya menjadi salah satu faktor pendukung tingginya risiko penularan di lingkungan kerja. Yayasan KNCV Indonesia (YKI) bekerjasama dengan Fullerton Health Foundation, dan didukung oleh TB Reach Wave 7 mengimplementasikan sebuah proyek untuk mendukung penanggulangan tuberkulosis di tempat kerja dengan menggalakkan perempuan sebagai agen perubahan, melalui proyek WOW TB (Women Empowerment in Workplace to End TB).

Proyek WOW TB didukung oleh Kementerian Kesehatan, Kementerian Ketenagakerjaan, Dinas Kesehatan, serta Dinas Tenaga Kerja, Transmisi, dan Energi  Provinsi DKI Jakarta. Melalui dukungan ini pula, sebelumnya juga telah diselenggarakan sosialisasi di sejumlah perusahaan di wilayah DKI Jakarta mengenai pentingnya penemuan kasus di tempat kerja. Arief Adhi Sanjaya, Direktur Keuangan PT. Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) dalam acara webinar tanggal 4 September 2020 bertajuk Zero Waste Living mengemukakan bahwa penemuan kasus di tempat kerja penting dilakukan. Hal ini tentu juga bertujuan untuk mencegah terjadinya potensi penularan di kalangan pekerja.

Pada kesempatan ini Yayasan KNCV Indonesia dan PT. JIEP melakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) sebagai bentuk dukungan dan komitmen perusahaan untuk mendukung upaya pemutusan rantai penularan tuberkulosis di tempat kerja. Penandatanganan ini diwakili oleh dr. Jhon Sugiharto, MPH, Eksekutif Direktur Yayasan KNCV Indonesia dan Arief Adhi Sanjaya, Direktur Keuangan PT. JIEP. MoU ini menjadi wujud nyata bahwa upaya eliminasi TBC di Indonesia bukan hanya menjadi tanggung jawab sektor kesehatan semata, melainkan juga tanggung jawab setiap individu, baik pemerintah, swasta, serta masyarakat.

Melalui program WOW TB, Yayasan KNCV Indonesia mendukung upaya penemuan kasus TBC di Jakarta dengan mengadakan edukasi mengenai TBC, skrining gejala TBC, pemeriksaan laboratorium untuk terduga TBC, hingga memberikan dukungan pengobatan TBC kepada pekerja yang terdiagnosis. Dengan deteksi dini gejala TBC, penanganan untuk pengobatan akan semakin cepat sehingga berperan dalam memutus rantai penularan TBC di tempat kerja, WOW TB juga turut mengusung penguatan peran perempuan di lingkungan kerja melalui pembentukan dan pelatihan tim penggiat TBC, yaitu TB Warrior. Tim ini diharapkan berperan sebagai agen perubahan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan TBC di tempat kerja.

Melalui momentum ini YKI juga mengundang perusahaan industri/UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) yang berada di wilayah Jakarta Timur (Kec. Cakung), Jakarta Utara (Kec. Tanjung Priok, Penjaringan, Cilincing), dan Kota Tangerang (Kec. Jatiuwung) untuk berpartisipasi dalam kegiatan skrining tuberkulosis gratis bagi seluruh pekerja.

 

Teks dan foto: Melya
Editor: Denisa, Vensi