SITRUST

file

SITRUST (Sistem Informasi Treking Untuk tranSporTasi spesimen) adalah sistem informasi yang dikembangkan sebagai alat bantu dalam mendukung pelaksanaan pengiriman spesimen atau contoh uji TBC untuk pemeriksaan laboratorium yang berkualitas. SITRUST dapat memantau pergerakan pengiriman contoh uji, mulai dari pemesanan (order) oleh fasilitas kesehatan (faskes) pengirim, penjemputan dan pengiriman oleh kurir, serta konfirmasi penerimaan dan umpan balik (feedback) oleh faskes penerima. Selain berfungsi sebagai alat pelacak (tracking tools), SITRUST juga mendukung rekapitulasi pencatatan dan pelaporan pengiriman contoh uji secara elektronik, termasuk rekapitulasi hasil pemeriksaan contoh uji. 

Pengguna utama dari sistem informasi ini adalah petugas pengelola program dan analis laboratorium dari faskes (PKM, Lab, RS, Klinik, Lapas), kurir, Dinas Kesehatan dan Sub-Direktorat TB Kementerian Kesehatan. Masing-masing pengguna memiliki hak akses tersendiri di bawah koordinasi Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan Kab/Kota. 

Alur mekanisme pengiriman contoh uji dengan menggunakan aplikasi SITRUST

Pengguna SITRUST dapat dikelompokkan menjadi 3 sesuai perannya dalam mekanisme pengiriman contoh uji:  faskes pengirim, faskes penerima, dan kurir. Faskes pengirim meliputi faskes yang tidak memiliki mesin Tes Cepat Molekuler (TCM) sebagai alat untuk diagnosis TBC dan faskes yang memberikan layanan pengobatan pasien TBC resistan obat atau Manajemen Terpadu Pengendalian TB Resistan Obat (MTPTRO). Faskes penerima meliputi faskes yang memiliki mesin TCM dan laboratorium C/DST atau LPA. Sedangkan, kurir dapat berupa kurir internal (staff faskes), maupun kurir eksternal (kerja sama dengan layanan jasa pengiriman).

Mekanisme pengiriman contoh uji dengan menggunakan aplikasi SITRUST terangkum dalam 7 langkah berikut:

  1. Terduga TBC atau terduga TBC Resistan Obat (RO) mengunjungi atau datang berobat di faskes pengirim.
  2. Petugas laboratorium di faskes pengirim mengambil, mempersiapkan formulir rujukan TB.05 dan mengemas contoh uji TBC terduga TBC/TBC RO sesuai dengan standar IATA. Setelah paket contoh uji beserta formulir rujukan dikemas, petugas laboratorium melakukan proses order di aplikasi SITRUST. Secara otomatis kurir dan faskes penerima akan mendapat notifikasi dalam bentuk SMS maupun in-app dari paket data untuk menjemput dan menerima paket contoh uji.
  3. Sebelum menuju titik lokasi penjemputan, kurir terlebih dahulu melakukan konfirmasi rencana waktu penjemputan melalui aplikasi SITRUST. Maka, faskes pengirim akan menerima notifikasi terkait estimasi penjemputan paket. Begitu kurir telah tiba di faskes pengirim, maka kurir kembali melakukan konfirmasi pengambilan paket contoh uji.
  4. Kurir mengantar paket ke faskes penerima sesuai jejaring pengiriman yang disepakati. Setelah kurir tiba di faskes tujuan dan menyerahkan paket kepada petugas laboratorium maka kurir kembali mengakses aplikasi SITRUST dan melakukan konfirmasi terakhir bahwa paket telah berhasil dikirimkan.   
  5. Petugas laboratorium di faskes tujuan menerima paket dan memeriksa kondisi contoh uji. Setiap penerimaan paket, petugas laboratorium harus melakukan konfirmasi dan memberikan umpan balik terkait kondisi contoh uji melalui SITRUST. Faskes pengirim kembali mendapat notifikasi bahwa paket telah sampai serta kondisi dari contoh uji diterima dalam keadaan baik atau rusak.
  6. Apabila paket contoh uji telah diterima dan dibuka maka petugas laboratorium juga wajib melakukan sterilisasi kotak kemasan. Formulir rujukan TB.05 yang telah dilengkapi dengan hasil pemeriksaan dapat dimasukkan ke dalam kotak kemasan kosong tersebut. Petugas laboratorium akan menyerahkan kotak kemasan setiap kali kurir datang melakukan pengantaran paket.   
  7. Kotak kemasan akan dibawa dan disimpan terlebih dahulu oleh kurir. Pengembalian kotak kemasan akan dilakukan oleh kurir pada saat menjemput paket baru dari fasilitas pengirim yang sama.  

Uji Coba Aplikasi SITRUST dan Testimoni Pengguna:

https://www.youtube.com/watch?v=qXFGsd-lTZc&t=2s

Tahun : 2018
Unduh