SPRINT COVID

SPRINT (Sistem Pengiriman Spesimen COVID-19 di Indonesia Timur) merupakan proyek yang berfokus pada upaya peningkatan temuan kasus COVID-19 dengan dukungan transportasi spesimen dan penguatan proses pencatatan dan pelaporan di wilayah Timur Indonesia. SPRINT dilaksanakan oleh Yayasan KNCV Indonesia (YKI) dan didanai oleh USAID.
 
Yayasan KNCV Indonesia dengan koordinasi bersama Subdit Surveilans Kementerian Kesehatan, melakukan penguatan jejaring pengiriman spesimen COVID-19 serta pencatatan dan pelaporan melalui proyek SPRINT (Sistem Pengiriman Spesimen COVID-19 di Indonesia Timur)untuk mendukung upaya pemerintah dalam pengendalian COVID-19 di Indonesia. Proyek ini akan diimplementasikan di 5wilayah provinsi dengan area kepulauan dan memiliki tantangan geografis, yaitu Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat menggunakan aplikasi SISFO COVID.
 
Belajar dari sejumlah kasus di negara lain yang telah berhasil menangani COVID-19, peningkatan temuan kasus menjadi kunci penting yang wajib dilakukan. Dengan semakin banyak kasus ditemukan dan diberikan tatalaksana yang tepat dan cepat, maka potensi penularan akansemakin berkurang.