Sesungguhnya, infeksi yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis dapat menyebabkan penyakit di berbagai organ di seluruh tubuh manusia termasuk mata. TBC Mata disebut juga TBC Okular. TBC Okular merupakan infeksi Mycobaterium tuberculosis yang terjadi di sekitar mata atau permukaan mata. TBC okular dibagi menjadi 2 yaitu TBC intraokular Dan TBC ekstraokular. TBC intraokular mengenai bilik depan mata, iris, korpus siliaris, vitreus, koroid dan sementara TBC ekstraokular terjadi pada struktur di sekitarnya seperti orbital, konjungtiva, glandula lakrimalis, kornea, dan sklera.

TBC dapat diobati dengan menjalani pengobatan rutin hingga tuntas. Tujuan pengobatannya adalah untuk menyembuhkan, dan mencegah terjadinya kematian atau dampak buruk selanjutnya, serta mencegah terjadinya kekambuhan, menurunkan penularan, dan mencegah penularan TBC resisten obat. Obat Anti Tuberkulosis (OAT) yang biasa diberikan pada pasien TBC meliputi Isoniasid (H), Rifampisin (R), Pirasinamid (Z), Streptomisin (S), Etambutol (E). Sebelum pemberian terapi dengan OAT, sebaiknya pasien diajari secara khusus mengenai gejala-gejala yang dapat terjadi sehingga bila terjadi efek dapat segera diatasi.

Untuk mendeteksi TBC (tuberkulosis), dokter akan melakukan wawancara dan pemeriksaan fisik. Jika pasien diduga mengalami TBC, dokter akan meminta pasien melakukan pemeriksaan dahak yang disebut pemeriksaan BTA. Pemeriksaan BTA juga dapat dilakukan menggunakan sampel selain dahak, untuk kasus TBC yang terjadi bukan di paru-paru.

Tuberkulosis (TBC) yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis umumnya menyerang manusia, meski demikian TBC juga dapat menyerang hewan karena merupakan penyakit menular yang bersifat zoonosis. Selain hewan ternak seperti sapi dapat pula menyerang hewan kesayangan di rumah seperti kucing dan anjing. Bakteri Mycobacterium bovis merupakan penyebab tuberkulosis pada sapi yang dapat menular ke manusia khususnya di negara berkembang, dapat melalui 3 cara, yaitu ingesti, inhalasi dan kontak langsung dengan membran mukosa atau luka terbuka.

Halaman 1 dari 39