Hari AIDS Sedunia : Kondisi TB-HIV Saat Ini

1 December 2019

Hari AIDS sedunia diperingati setiap tanggal 1 Desember setiap tahunnya. Momen ini menjadi sarana untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah penyakit  AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus Human Immunodeficiency Virus (HIV). Perlu diketahui bahwa epidemi HIV AIDS menjadi salah satu permasalahan kasus TBC di seluruh dunia. Ko-infeksi dengan HIV berakibat pada peningkatkan  secara signifikan. Pada 2017, sekitar 300.000 orang meninggal karena TBC adalah orang dengan HIV. Hal ini yang menyebabkan tuberkulosis (TBC) adalah penyebab kematian utama pada orang dengan HIV/AIDS.

Orang dengan HIV positif akan dapat dengan mudah terkena berbagai penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya melemah. Dengan kata lain, HIV dapat dengan mudah membuka pintu bagi beragam infeksi lain, termasuk TBC, mengingat TBC sangat mudah menular melalui udara.

Sedangkan di Indonesia, menilik data dari Global Tuberculosis Report 2019, dari semua kasus TBC yang ditemukan tahun 2018, 37% kasus TBC adalah pada orang dengan HIV positif. WHO dalam laporannya tahun 2018  menetapkan Indonesia masuk menjadi salah satu negara dengan beban tinggi untuk TBC, TBC-RO (MDR), serta TBC-HIV untuk periode 2016-2020.

Hari AIDS sedunia tahun ini mengangkat tema mengenai upaya mengakhiri epidemik HIV/AIDS melalui peran komunitas perihal akses layanan  dan juga upaya advokasi bagi sesama. Peran komunitas sangat diperlukan untuk mengatasi hambatan bagi pasien HIV/AIDS serta TBC/HIV dalam mendapatkan akses layanan. Selain itu juga komunitas memiliki peran dalam membantu orang dengan TBC/HIV masuk dalam agenda prioritas kebijakan pemerintah, untuk memperjuangkan hak-orang orang dengan TBC/HIV.

 

Sumber:
Global TB Report 2019. https://www.who.int/tb/publications/global_report/en/. Accessed in November 26th 2019.
Tuberculosis and HIV Progrss Towards The 2020 Target. https://www.unaids.org/sites/default/files/media_asset/tuberculosis-and-hiv-progress-towards-the-2020-target_en.pdf
Cummunities Make the difference. https://www.unaids.org/sites/default/files/media_asset/world-aids-day-2019-communities-make-the-difference_en.pdf 

 

Editor: Melya Findi dan Aditya Bagus Wicaksono
Gambar: Amadeus Rembrandt

  • 30 May 2022

  • 23 May 2022

  • 16 May 2022

  • 21 February 2022