Hari Anak Balita Nasional : Pemenuhan Gizi Dalam Membantu Imunitas Anak Terhadap Penyakit

8 April 2020

Berdasarkan informasi dari pusat data dan informasi Kementerian Kesehatan RI, usia balita berada dalam rentang 12-59 bulan. Usia balita termasuk dalam tahapan perkembangan anak yang cukup rentan terhadap berbagai serangan penyakit, termasuk penyakit karena kekurangan atau kelebihan asupan nutrisi jenis tertentu.

Asupan gizi yang tidak memadai dapat menyebabkan stunting. Saat ini stunting merupakan salah satu prioritas masalah kesehatan di Indonesia. Menurut WHO, stunting adalah masalah gagal tumbuh karena kekurangan gizi kronis dan penyakit. Kurang gizi sendiri disebabkan karena asupan yang kurang, pola pengasuhan orangtua, serta kondisi tubuh yang sakit sehingga tidak dapat mengelola asupan dengan baik.

Dalam kaitannya dengan tuberkulosis, kondisi kekurangan gizi dapat disebabkan karena faktor ketiga, seperti adanya penyakit kronik yang menyertai. Tuberkulosis merupakan penyakit infeksi kronis yang jika tidak segera ditangani dapat berpengaruh pada pertumbuhan yang terganggu, dan kemudian dapat menyebabkan stunting. Di sisi lain, kekurangan gizi berdampak pada daya tahan tubuh yang rentan untuk bisa terkena penyakit karena tidak memiliki banteng untuk pertahanan diri. Kondisi daya tahan tubuh yang rentan ini menjadi salah satu penyebab utama meningkatnya kejadian infeksi dan sakit TBC pada anak.

Pemenuhan gizi seimbang tentunya dapat mendukung peningkatan daya tahan tubuh seorang anak. Disinilah peran orangtua dalam mendukung proses tumbuh kembang anak melalui penyediaan asupan makanan bergizi yang dibutuhkan.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, mencanangkan hari anak balita nasional yang diperingati setiap tanggal 8 April. Momentum ini menjadi ajakan untuk meningkatkan perbaikan gizi anak sebagai isu utama, mengingat masalah gizi buruk masih menjadi masalah kesehatan yang terjadi saat ini. Pemaksimalan peran posyandu serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu dalam memberikan asupan gizi merupakan upaya yang telah dilakukan, dan perlu untuk terus dilakukan dalam mendukung pemenuhan gizi pada anak balita.

Sumber:
https://www.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-anak-balita.pdf

http://promkes.kemkes.go.id/hari-anak-anak-balita

  • 30 May 2022

  • 23 May 2022

  • 16 May 2022

  • 21 February 2022