HARI KONTRASEPSI SEDUNIA: SEBERAPA PENTING PENGGUNAAN KONDOM UNTUK PENCEGAHAN HIV DAN MENCEGAH KEHAMILAN?

26 September 2020

Hari kontrasepsi sedunia diperingati setiap tahunnya pada tanggal 26 September. Momen ini menjadi peringatan mengenai fungsi dan manfaat kontrasepsi yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan penggunaan kontrasepsi dan mengupayakan generasi muda untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan reproduksi, dan kesehatan seksual.

Mengapa kontrasepsi penting digunakan? Kontrasepsi dapat mencegah kehamilan, mencegah kematian pada bayi baru lahir, meningkatkan kesejahteraan keluarga dan mengoptimalkan pendidikan anak, menekan laju pertumbuhan populasi penduduk, mencegah kehamilan usia remaja, dan yang terpenting adalah mencegah penularan HIV/AIDS serta penyakit menular seksual lainnya.

Mencegah Kehamilan Yang Tidak Diinginkan

KB (Keluarga Berencana) adalah Program Pemerintah Indonesia sejak tahun 1970. Program tersebut bertujuan untuk mengendalikan pertambahan jumlah penduduk, membatasi angka kelahiran, dan mengatur jarak kelahiran sehingga dapat menciptakan keluarga sehat sejahtera. Program ini juga diharapkan dapat menurunkan angka kematian ibu dan bayi karena kehamilan yang tidak diinginkan ataupun mengatur jarak kelahiran yang terlalu dekat. Upaya dalam mendukung program tersebut adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi untuk menunda kehamilan dan menjarangkan atau mengatur jarak kelahiran.

Pentingnya Penggunaan Alat Kontrasepsi untuk Program KB Nasional, adalah:

  1. Menghindari kasus kehamilan yang tidak diinginkan

Kasus kehamilan yang tidak diinginkan sering terjadi di sekitar kita. Pada kasus kehamilan yang tidak diinginkan kerap berujung pada tindakan aborsi yang berdampak pada kesehatan ibu. Penggunaan alat kontrasepsi dapat menjadi solusi untuk mengatur jarak kelahiran sehingga meminimalisir terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan, termasuk kehamilan remaja.

  1. Membantu tumbuh kembang anak

Perencanaan kehamilan yang baik dapat membantu pertumbuhan anak. Anak akan dapat memperoleh kasih sayang dan perhatian yang lebih banyak dari kedua orang tuanya, khususnya dalam masa tumbuh kembangnya. Ibu juga dapat memaksimalkan pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif bagi bayinya. Hal ini tentunya akan berbeda jika dibandingkan dengan keluarga yang memiliki banyak anak.

  1. Meningkatkan kualitas keluarga

Alat kontrasepsi digunakan untuk menjarangkan kehamilan atau menjaga jarak kelahiran. Dengan demikian, penggunaan alat kontrasepsi juga dapat mengurangi risiko kematian ibu dan bayi akibat jarak kelahiran yang terlalu dekat atau terlalu sering. Selain itu, mengatur jarak atau jumlah kelahiran diharapkan dapat meningkatkan kualitas keluarga, khususnya kehidupan perekonomian keluarga menuju kesejahteraan keluarga.

Kondom Untuk Upaya Pencegahan HIV/AIDS

UNAIDS dan WHO dalam dokumen bertajuk HIV and Hormonal Contraception merekomendasikan mereka yang aktif secara seksual memiliki akses penuh untuk mendapatkan informasi dan konseling tentang kesehatan seksual dan reproduksi terutama bagi perempuan dewasa dan remaja. Mereka juga perlu mendapatkan akses untuk memperoleh kontrasepsi sebagai salah satu upaya pencegahan HIV.  Layanan tersebut harus diberikan secara terintegrasi oleh petugas kesehatan.

Meski demikian, apakah kontrasepsi hormonal dapat melindungi dari infeksi HIV? Dalam dokumen ini disebutkan bahwa kontrasepsi hormonal tidak melindungi dari HIV atau infeksi menular seksual lainnya. Terkait hal ini kondom masih direkomendasikan sebagai alat kontrasepsi yang dapat melindungi dari HIV, baik kondom yang digunakan oleh laki-laki maupun perempuan. Kontrasepsi hormonal dapat tetap digunakan untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

Kondom sebagai salah satu alat kontrasepsi dalam program KB Nasional baik pria maupun wanita mempunyai manfaat ganda yaitu selain untuk mencegah kehamilan juga untuk perlindungan pasangan terhadap penyakit infeksi menular sexual. Dalam program pengendalian HIV/AIDS Nasional, kondom merupakan satu-satunya alat perbekalan kesehatan yang paling efektif dalam pencegahan HIV, bila pemakaiannya secara benar dan konsisten.  Dengan demikian kondom (pria dan wanita) sangat penting karena mampu memberikan perlindungan ganda, yaitu untuk pencegahan penyakit Infeksi Menular Sexual (IMS) dan perlindungan terhadap kehamilan.

 

Sumber:

  • https://www.bicarakontrasepsi.com/id/ragam/seputar-kontrasepsi/manfaat-kontrasepsi-untuk-kesehatan-perempuan.php
  • HIV and Hormonal Contraception: Frequently asked questions. 2012
  • Permenkes nomor 21 tahun 2013 tentang Penanggulangan HIV dan AIDS.
  • Undang-Undang Nomor 10 tahun 1992 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Sejahtera.

 

Editor: Melya, Damianus Wera
Gambar: Amadeus Rembrandt

  • 30 May 2022

  • 23 May 2022