Pertimbangan WHO Terkait Vaksinasi BCG untuk COVID-19

11 May 2020

Vaksin BCG (Bacille Calmette-Guerin) sempat menjadi perdebatan sehubungan dengan fungsinya untuk mencegah dari COVID-19. Vaksin BCG adalah vaksin yang berfungsi untuk melindungi seseorang dari bakteri tuberkulosis. Penyakit ini merupakan infeksi serius yang menyerang paru-paru dan kadang-kadang bagian tubuh lainnya, seperti tulang, persendian, dan ginjal.

Dikutip dari surat korespondensi bertajuk “Considering BCG vaccination to reduce the impact of COVID-19”,  vaksin BCG ditenggarai memiliki fungsi non-spesifik untuk sistem kekebalan tubuh yang melindungi seseorang terhadap berbagai infeksi. Hal inilah yang kemudian membuat sejumlah ahli merekomendasikan penggunaan vaksin BCG untuk melindungi pekerja layanan kesehatan dan individu yang rentan terhadap COVID-19. Namun, dalam scientific brief WHO pada bulan April 2020, menyatakan bahwa efek vaksin BCG terhadap COVID-19 masih memerlukan pengkajian lebih lanjut karena relevansi klinisnya yang belum diketahui dengan jelas.

Saat ini sedang dilakukan uji coba terkontrol secara acak di Belanda dan Australia untuk menilai apakah vaksin BCG mampu mengurangi kejadian dan tingkat keparahan COVID-19 pada petugas kesehatan sebagai garda depan dalam layanan COVID-19. Namun hal ini masih membutuhkan waktu untuk mengevaluasi hasil uji coba terkontrol tersebut sebelum dapat dijadikan rekomendasi bagi tatalaksana pencegahan COVID-19.

Vaksinasi BCG dapat mencegah tipe penyakit TBC yang berat bagi anak-anak. Pengalihan suplai vaksin ini untuk tujuan yang lain dapat berakibat bayi tidak mendapatkan vaksinasi BCG sehingga akan mempengaruhi peningkatan angka kasus TBC serta angka kematian akibat TBC. Tanpa adanya bukti yang jelas, WHO tidak merekomendasikan pemberian vaksin BCG sebagai pencegahan COVID-19. Dalam scientific brief tersebut, WHO terus merekomendasikan pemberian vaksinasi BCG bagi bayi baru lahir di negara dengan angka insidens tuberculosis yang tinggi.

 

Sumber:

https://www.who.int/news-room/commentaries/detail/bacille-calmette-gu%C3%A9rin-(bcg)-vaccination-and-covid-19 (Bacille Calmette-Guérin (BCG) vaccination and COVID-19, WHO Scientific Brief)

https://www.thelancet.com/journals/lancet/article/PIIS0140-6736(20)31025-4/fulltext?utm_campaign=tlcoronavirus20&utm_source=twitter&utm_medium=social

 

Editor: Melya Findi dan Melinda Soemarno
Gambar: Amadeus Rembrandt

  • 6 June 2022

  • 30 May 2022

  • 23 May 2022

  • 16 May 2022