AMPUH HIV: Bantuan Bahan Habis Pakai (BHP) di Kota Medan Untuk Mendukung Peningkatan Pemeriksaan Viral Load HIV

27 August 2020

Dukungan proyek AMPUH dalam pelaksanaan kegiatan nasional Bulan Pemeriksaan Viral Load HIV  (VL HIV) telah berlangsung di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Pada minggu ke-6 setelah pelaksanaan lokakarya Bulan VL HIV, pengiriman sampel VL mulai terjadi di Kota Medan dari fasyankes – fasyankes perawatan-dukungan-pengobatan (PDP)  setelah ketibaan Bahan Habis Pakai (BHP) untuk pengemasan dan pengiriman sampel VL dukungan proyek AMPUH. Hingga akhir minggu ke-6 sudah terkirim sampel VL sebanyak 13 sampel yang berasal dari PKM Teladan, PKM Padang Bulan dan RS dr. Pringadi. Walaupun belum terdapat peningkatan signifikan, seluruh PDP mulai berlomba-lomba untuk segera melakukan pengiriman sampel VL sejak ketibaan BHP.

Kegiatan Bulan Pemeriksaan VL HIV dilakukan karena masih sangat rendahnya rendahnya capaian jumlah ODHA dengan status Viral Load tersupresi  di Indonesia (90 ketiga dari indikator Triple Ninety). Dengan melakukan pemeriksaan Viral Load HIV, ODHA dan petugas kesehatan dapat mengetahui kemajuan terapi antiretroviral-nya. Jika viral load tersupresi maka risiko penularan dari ODHA terhadap pasangan akan jauh menurun; ODHA pun dapat menikah dan memiliki keturunan dengan penularan vertikal kepada anak yang sangat rendah.

Aplikasi SITRUST HIV berperan penting dalam membantu proses pengiriman spesimen. Setelah pengambilan spesimen darah, sampel darah kemudian dikirimkan ke laboratorium pemeriksa, RS Adam Malik, dengan bantuan kurir AMPUH. Meski hingga saat ini pasien yang datang masih sedikit, hal ini dikarenakan belum adanya informasi mengenai BHP yang telah sampai di faskes. Untuk mengatasi hal ini petugas telah mensosialisasikan kembali pada ODHA dengan bekerja sama dengan komunitas, sehingga para ODHA siap untuk memeriksakan VL nya di minggu berikutnya.

“Saat melakukan order spesimen melalui SITRUST, kami tidak mengalami kendala apapun, semuanya berjalan lancar dan memudahkan kami dalam melakukan pengiriman,” ujar Purnamawati, PJ Laboratorium PKM Padang Bulan.

Yayasan KNCV Indonesia (YKI) bekerja sama dengan Yayasan Kasih Suwitno (YKS) membantu Sub Direktorat HIV AIDS dan Penyakit Infeksi Menular Seksual Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk menyelenggarakan kegiatan lokakarya ini. Bulan Viral Load HIV merupakan rangkaian kegiatan proyek AMPUH (Accelerating viral load testing aMong PLHIV through SITRUST and High-quality laboratories) yang akan diselenggarakan secara bertahap di kabupaten kota terpilih di 34 provinsi di Indonesia selama tahun 2020. Proyek AMPUH dilaksanakan melalui bantuan pendanaan dari The Global Fund.

Teks dan foto: Yuni Asnitasari
Editor: Melya Findi, Alva Juan

  • 25 May 2022

  • 21 May 2022

  • 17 May 2022

  • 25 April 2022