AMPUH HIV : Pengiriman Transportasi Spesimen VL HIV di Kota Surabaya, Jawa Timur

21 July 2020

Pelaksanaan kegiatan Bulan Viral Load HIV dilaksanakan mulai tanggal 13 Juli  hingga November 2020. Kegiatan ini bertujuan untuk mencapai target 90% yang ketiga yaitu 90% ODHA on ART mengalami supresi virus, sehingga ODHA dapat memiliki kualitas hidup yang baik dan dapat mencegah penularan HIV. Di minggu pertama, terdapat 7 fasyankes di Kota Surabaya yang sudah memulai implementasi pemeriksaan VL HIV, yaitu RSUD Dr. Soetomo, RSUD Dr. M. Soewandhie, RSUD Bhakti Dharma Husada, RS Paru Surabaya, RS Universitas Airlangga, Puskesmas Kedungdoro, dan Puskesmas Putat Jaya.

RSUD Dr. Soetomo menjadi fasyankes rujukan untuk pengiriman spesimen bagi 6 fasyankes yang terlibat dalam bulan pemeriksaan viral load HIV (VL HIV) ini. Adapun pengiriman spesimen tersebut didukung dengan penggunaan Sistem Informasi untuk Transpor Spesimen (SITRUST). Aplikasi transportasi spesimen ini sebelumnya telah berhasil mendukung layanan transportasi spesimen untuk layanan tuberkulosis.

Mekanisme penggunaan aplikasi SITRUST VL ini pun tidak jauh berbeda dengan SITRUST TB. Fasyankes pengirim melakukan order yang kemudian Laboratorium RSUD Dr. Soetomo akan melakukan konfirmasi. Jika Lab RSUD Dr. Soetomo sudah mengkonfirmasi untuk menerima permintaan pemeriksaan, maka SITRUST akan memberikan notifikasi kepada fasyankes pengirim dan kurir. Sehingga kurir dapat mengambil paket tersebut. Setelah paket sampai di Lab RSUD Dr. Soetomo, kurir memberikan informasi kepada fasyankes pengirim melalui SITRUST bahwa paket telah sampai di Lab Rujukan. Kemudian, Lab RSUD Dr. Soetomo melakukan pengecekan dan memberikan informasi kondisi spesimen apakah baik atau buruk kepada fasyankes pengirim melalui aplikasi SITRUST VL. Jika hasil pemeriksaan sudah keluar, Lab RSUD Dr. Soetomo akan melakukan entry data melalui aplikasi SITRUST VL untuk memberikan informasi terkait hasil pemeriksaan ke fasyankes pengirim.

Dalam pelaksanaanya, petugas lab pemeriksa VL HIV, petugas layanan perawatan-dukungan-pengobatan (PDP) HIV, dan kurir dapat bekerja sama dengan baik sehingga pelaksanaan pemeriksaan VL HIV di Kota Surabaya di minggu pertama berjalan lancar. Di minggu pertama ini, sudah terdapat 58 spesimen dari 6 faskes pengirim (pemeriksaan eksternal) dan 12 spesimen dari RS Dr. Soetomo (pemeriksaan internal) yang tercatat dalam aplikasi SITRUST VL.

Untuk pelaksanaanya di Kota Surabaya, disepakati pengambilan sampel di fasyankes pengirim dilakukan di hari Senin-Rabu, pengiriman paket dilakukan sesuai kesepakatan, yaitu pada hari Kamis. Pada hari Kamis 16 Juli 2020 merupakan hari pengiriman paket serentak di 6 fasyankes tersebut. Selain itu, pemeriksaan internal di RSUD Dr. Soetomo juga sudah terlaksana dengan menggunakan aplikasi SITRUST VL. Petugas PDP mengisi permintaan pemeriksaan lab internal melalui SITRUST, kemudian petugas Lab akan mengisi hasil pemeriksaan jika hasil pemeriksaan sudah keluar. Minggu selanjutnya akan ada penambahan fasyankes yang melakukan pengambilan sampel dan pengiriman paket.

Yayasan KNCV Indonesia (YKI) bekerjasama dengan Yayasan Kasih Suwitno (YKS) membantu Sub Direktorat HIV AIDS dan Penyakit infeksi Menular Seksual Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk menyelenggarakan kegiatan lokakarya ini. Kegiatan ini merupakan rangkaian implementasi proyek AMPUH (Accelerating viral load testing aMong PLHIV through SITRUST and High quality laboratories) dalam kegiatan Bulan Viral Load HIV yang akan diselenggarakan secara bertahap di kabupaten kota terpilih selama sisa tahun 2020. Proyek AMPUH dilaksanakan melalui bantuan pendanaan dari The Global Fund.

 

Teks dan foto: Alfi Lailiyah
Editor: Alva Juan dan Melya Findi

  • 18 July 2022

  • 20 June 2022

  • 8 June 2022

  • 2 June 2022