CATALYTIC FUNDING: MENTORING DAN SUPERVISI DI RS RIDHOKA SALMA DALAM PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN TBC DI FASKES

4 November 2020

Tim District Public-Private Mix (DPPM) Kabupaten Bekasi penanggulangan TBC secara rutin melakukan kegiatan mentoring dan supervisi ke sejumlah layanan kesehatan. Tanggal 2 November 2020 tim DPPM mengadakan kegiatan mentoring dan supervisi ke RS Ridhoka Salma. Kegiatan ini dihadiri oleh 15 orang peserta yang terdiri atas perwakilan dari Dinas Kesehatan Bekasi, tim KOPI TB, perwakilan Rumah Sakit Ridhoka Salma, dan TOFA IO PPM. Pertemuan ini bertujuan untuk mengevaluasi jejaring layanan TBC baik internal maupun eksternal melalui kunjungan fasilitas kesehatan, dan membimbing fasilitas kesehatan layanan DOTS serta membimbing pencatatan dan pelaporan pasien TBC kedalam SITB.

Dari hasil mentoring dan supervisi ini, terdapat sejumlah catatan dan temuan. Adapun temuan-temuan tersebut meliputi belum adanya tim DOTS dengan personil yang lengkap dan jejaring internal rumah sakit belum berjalan sehingga koordinasi antar unit belum terbentuk. Di sisi lain, ruang tunggu pasien TBC masih bergabung dengan pasien lain, serta pencatatan dan pelaporan pasien juga belum maksimal karena belum ada petugas yang dilatih. Kedepannya temuan ini dapat menjadi perbaikan dalam pemberian layanan TBC di RS Ridhoka Salma.

Dalam pertemuan ini juga dilakukan bimbingan bagi RS Ridhoka Salma dalam pencatatan dan pelaporan SITB bagi petugas. Dari hasil bimbingan tersebut ditemukan adanya kasus yang tidak terlaporkan (missing case) sebanyak 122 kasus. Jumlah ini berkurang dari catatan missing cases sebelumnya, yaitu sebanyak 131 pasien. Pada saat mentoring, dilakukan pelaporan kasus ke SITB sebanyak 3 terduga dan 3 pasien TBC. Dalam kegiatan ini RS Ridhoka Salma juga mendapatkan asistensi berupa monitoring jejaring layanan TBC, pendampingan dalam tindak lanjut kesepakatan hasil pertemuan penguatan jejaring, dan dukungan dalam menghadapi tantangan yang dihadapi oleh fasilitas kesehatan.

Kegiatan ini didanai oleh The Global Fund to fight Aids Tuberculosis and Malaria (GF ATM) melalui Principal Recipient (PR) Direktorat P2PML, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kegiatan diselenggarakan oleh Implementing Organization Public-Private Mix (IO PPM) yang merupakan kerjasama Yayasan KNCV Indonesia (YKI) dan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

 

Teks dan foto: Ade Putra Maryanto
Editor: Melya, Aditiya Bagus Wicaksono

  • 6 November 2020

  • 4 November 2020

  • 15 October 2020

  • 8 October 2020