CATALYTIC FUNDING: MENTORING DAN SUPERVISI OLEH TIM DPPM DI RS UNIVERSITAS INDONESIA KOTA DEPOK

2 October 2020

Menindaklanjuti hasil kegiatan DPPM Dekstop Review Kota Depok, tim DPPM melakukan mentoring dan supervisi ke RS Universitas Indonesia. Kegiatan yang diselenggarakan secara daring ini bertujuan untuk mengevaluasi jejaring PPM di rumah sakit dan memberikan bimbingan teknis kepada fasilitas kesehatan. Kegiatan ini dihadiri oleh 13 peserta dari perwakilan Dinas Kesehatan Kota Depok, KOPI TB, Rumah Sakit Universitas Indonesia, dan tim IO PPM.

Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 1Oktober 2020 ini dibuka oleh Dinas Kesehatan dan dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan RS UI. KOPI TB memberikan materi mengenai pentingnya jejaring layanan TBC di RS. Acara dilanjutkan dengan pembahasan mengenai daftar tilik layanan TBC dari perwakilan RS, serta diskusi mengenai kendala yang dihadapi oleh RS dalam memberikan layanan TBC. KOPI TB dan Dinas Kesehatan memberikan rekomendasi guna meningkatkan kapasitas RS dalam memberikan layanan TBC bagi masyarakat.

Adapun sejumlah luaran yang dihasilkan dari pertemuan ini meliputi penilaian mengenai jejaring internal yang sudah berjalan dengan baik namun tetap perlu dilakukan peningkatan agar makin optimal. Selain itu, jejaring eksternal di RS Universitas Indonesia juga sudah berjalan dengan mengirimkan sampel ke faskes yang memiliki alat Tes Cepat Molekuler (TCM) di Puskesmas Pancoran Mas. Meskipun jejaring layanan TBC sudah baik, namun petugas pencatatan pelaporan masih perlu dilakukan pendampingan dalam menggunakan SITB (sistem informasi TBC), mengingat saat ini di dalam SITB hanya ada 1 pasien yang terkonfirmasi bakteriologis dari 43 kasus. Hal ini disebabkan kemungkinan karena adanya data yang belum diinput oleh petugas.

Kegiatan ini didanai oleh The Global Fund to fight Aids Tuberculosis and Malaria (GF ATM) melalui Principal Recipient (PR) Direktorat P2PML, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kegiatan diselenggarakan oleh Implementing Organization Public-Private Mix (IO PPM) yang merupakan kerjasama Yayasan KNCV Indonesia (YKI) dan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

 

Teks dan Foto: Ade Maryanto
Editor: Melya Findi dan Aditiya Bagus

  • 6 November 2020

  • 4 November 2020

  • 4 November 2020

  • 15 October 2020