CATALYTIC FUNDING: MENTORING DAN SUPERVISI UNTUK PENINGKATAN LAYANAN TBC DI RUMAH SAKIT HERMINA, PEKANBARU

13 September 2020

Rumah Sakit Hermina baru berdiri sejak Desember 2019. Meski demikian Rumah Sakit ini telah melakukan penandatanganan nota kesepakatan Program TB bersama Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru pada Januari 2020 lalu. Meski terbilang baru, Rumah Sakit Hermina siap untuk menjalankan program tuberkulosis di wilayahnya. Berdasarkan Surat Keputusan (SK) dan Standar Prosedur Operasional (SOP) program TBC di RS Hermina, terlihat bahwa sudah adanya dukungan dan komitmen dari manajemen rumah sakit untuk meningkatkan temuan kasus TBC.

Terkait hal ini, tim jejaring layanan tuberkulosis tingkat kota yang terdiri dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, KOPI TB, mitra TB (IO PPM), dan pihak rumah sakit menggelar kegiatan mentoring dan supervisi yang diselenggarakan pada tanggal 10 September 2020. Dalam pertemuan ini dipaparkan mengenai bagaimana penanganan penyakit tuberkulosis di masa pandemi COVID-19, serta arahan dari Dinas Kesehatan terkait implementasi program TBC di wilayah Kota Pekanbaru. Pertemuan ini juga turut melibatkan manajemen RS yang tetap konsisten untuk memastikan data TB dapat terinput dengan baik dalam sistem informasi TB (SITB). Proses pencatatan menjadi salah satu bagian penting dalam upaya penanggulangan TBC agar makin banyak kasus yang dicatat dapat dimonitor perkembangannya hingga menjalani pengobatan hingga tuntas.

Mentoring dan supervisi ke fasilitas layanan ini bermanfaat dalam pemantauan indikator jejaring layanan TB tingkat kota (DPPM) di tiap fasilitas kesehatan dan penentuan rencana tindak lanjut fasilitas kesehatan yang belum terlibat secara optimal dalam jejaring layanan TBC. Pada akhirnya, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan TBC sehingga pasien TBC cepat ditemukan dan diobati hingga sembuh untuk memutus rantai penularan TBC.

Kegiatan ini bersumber dana dari The Global Fund to fight Aids Tuberculosis and Malaria (GF ATM) melalui Principal Recipient (PR) Direktorat P2PML, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Penyelenggaraan kegiatan dilakukan oleh Yayasan KNCV Indonesia (YKI) dan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

 

Teks dan Foto: Rahmah Fitri
Editor: Melya, Aditya Bagus

  • 6 November 2020

  • 4 November 2020

  • 4 November 2020

  • 15 October 2020