CATALYTIC FUNDING – MONITORING DAN SUPERVISI PENINGKATAN LAYANAN TBC DI RS GRAHA MEDIKA, BANYUWANGI

7 September 2020

Tim DPPM melakukan kunjungan monitoring dan supervisi ke salah satu fasilitas kesehatan, yaitu RS Graha Medika Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan yang dilakukan pada tanggal 31 Agustus 2020 ini sebagai upaya tindak lanjut kesepakatan hasil pertemuan penguatan jejaring TBC di tahun sebelumnya. Sebanyak 12 peserta yang berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi dan perwakilan Rumah Sakit Graha Medika hadir dalam pertemuan ini.

Monitoring dan supervisi penting dilakukan untuk memantau jalannya DPPM di fasilitas kesehatan dalam upaya peningkatan layanan untuk TBC. Melalui monitoring dan supervisi ini, tim IO PPM juga melakukan bimbingan teknis program TB kepada fasilitas kesehatan. Dalam kegiatan ini dilakukan presentasi tentang jejaring internal layanan TB di  Rumah Sakit dalam pemberian layanan TBC serta  validasi data pasien terduga dan kasus TBC.

Kegiatan ini didanai oleh The Global Fund to fight Aids Tuberculosis and Malaria (GF ATM) melalui Principal Recipient (PR) Direktorat P2PML, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kegiatan diselenggarakan oleh Implementing Organization Public-Private Mix (IO PPM) yang merupakan kerjasama Yayasan KNCV Indonesia (YKI) dan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

 

Teks dan Foto: Meilani Matondang
Editor: Melya Findi dan Triftianti Lieke

  • 6 November 2020

  • 4 November 2020

  • 4 November 2020

  • 15 October 2020