CATALYTIC FUNDING: PENINGKATAN LAYANAN JEJARING LAYANAN TBC DI KABUPATEN SUBANG

8 October 2020

DPPM Desktop review merupakan sarana monitoring indikator DPPM program TBC khususnya notifikasi kasus TBC secara bulanan. Tim DPPM bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Subang menggelar kegiatan DPPM Desktop Review pada tanggal 5 Oktober 2020. Kegiatan ini dihadiri oleh 11 peserta yang merupakan perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, KOPI TB, dan tim IO PPM.

Dalam kegiatan ini dilakukan peninjauan indikator DPPM, identifikasi masalah dan isu mengenai layanan TBC yang terjadi di Kabupaten, serta menetapkan prioritas Fasilitas Kesehatan (FKRTL) yang akan di mentoring dan supervisi. Adapun prioritas FKRTL yang akan dilakukan mentoring, yaitu RS PMC, RS Karisma, RS Haji Saeful Anwar, RSAU dr.Hoediyono, RSIA Grha Mutiara, RS PTPN VIII, RS Mutiara Hati dan RSUD Subang.

Implementasi mentoring dan supervisi pertama dilakukan di RS PMC di Kabupaten Subang yang diselenggarakan pada tanggal 6 Oktober 2020. Acara dibuka oleh Dinas Kesehatan dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Direktur RS PMC. KOPI TB memberikan materi mengenai penemuan kasus TBC dan protokol layanan TBC dalam masa pandemi. Kemudian dilanjutkan dengan materi oleh Dinas Kesehatan mengenai jejaring internal dan eksternal RS serta alur pencatatan dan pelaporan.

Dalam kunjungan ini, dibahas juga mengenai kendala terkait penginputan kasus TB ke dalam SITB (sistem informasi TB). Hal ini dikarenakan kapasitas petugas yang belum memadai untuk melakukan penginputan data ke dalam SITB sehingga perlu pendampingan dan bantuan teknis untuk mengatasi hal ini. RS PMC saat ini juga tengah berproses untuk penandatanganan nota kesepahaman dengan Dinas Kesehatan mengenai pelaksanaan program DOTS (Directly Observed Treatment Short-Course).

“Kami merasa senang dikunjungi tim DPPM, karena kami bisa sharing kendala-kendala yang kami hadapi yang belum menemukan solusi mengenai jalannya program TBC nasional di RS kami,” ungkap Direktur RS PMC saat kegiatan mentoring dan supervisi.

Kegiatan ini didanai oleh The Global Fund to fight Aids Tuberculosis and Malaria (GF ATM) melalui Principal Recipient (PR) Direktorat P2PML, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kegiatan diselenggarakan oleh Implementing Organization Public-Private Mix (IO PPM) yang merupakan kerjasama Yayasan KNCV Indonesia (YKI) dan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

 

Teks dan Foto: Ade Maryanto
Editor: Melya Findi dan Aditiya Bagus

  • 6 November 2020

  • 4 November 2020

  • 4 November 2020

  • 15 October 2020