CATALYTIC FUNDING – PERTEMUAN KOORDINASI JEJARING LAYANAN DALAM PENINGKATAN LAYANAN TBC DI KABUPATEN BANYUWANGI

26 September 2020

Tim IO PPM Kabupaten Banyuwangi menggelar kegiatan pertemuan koordinasi Manager Kasus TBC, CSO (Organisasi Masyarakat Sipil) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan ini diselenggarakan guna meningkatkan kepatuhan pengobatan pasien serta mencapai target angka keberhasilan pengobatan pasien TBC. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk melakukan koordinasi antara manager kasus, CSO, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi perihal layanan TBC bagi masyarakat.

Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 23 September 2020 ini dihadiri oleh 25 peserta yang terdiri dari perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, Rumah Sakit DOTS, Puskesmas dan perwakilan CSO Aisyiyah Kabupaten Banyuwangi. Dalam pertemuan koordinasi ini juga disepakati penetapan alur pendampingan pasien TBC di Rumah Sakit dan pelaksanaan kontak investigasi.

Pertemuan ini menghasilkan sejumlah luaran diantaranya terbangun jejaring layanan antara Manager Kasus TB, CSO dan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, menetapkan strategi dalam meningkatkan kepatuhan pasien dalam menjalani pengobatan TBC dan meningkatkan angka keberhasilan pengobatan. Dari pertemuan ini juga dihasilkan nota kesepakatan (MoU) antar semua pihak yang hadir dalam upaya memberikan layanan bagi pasien TBC di Kabupaten Banyuwangi.

Kegiatan ini didanai oleh The Global Fund to fight Aids Tuberculosis and Malaria (GF ATM) melalui Principal Recipient (PR) Direktorat P2PML, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kegiatan diselenggarakan oleh Implementing Organization Public-Private Mix (IO PPM) yang merupakan kerjasama Yayasan KNCV Indonesia (YKI) dan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

 

Teks dan Foto: Meilani Matondang
Editor: Melya Findi dan Triftianti Lieke

  • 6 November 2020

  • 4 November 2020

  • 4 November 2020

  • 15 October 2020