Hari IBU : Perempuan Berdaya, Indonesia Maju

24 December 2019

Penyebaran bakteri Tuberkulosis tidak hanya terjadi di ruang terbuka, namun di lingkungan kerja juga potensial terjadi penularan TBC. Data Global TBC Report 2019 oleh WHO menyebutkan estimasi kasus TBC tahun 2018 mencapai 845.000 namun yang terlaporkan baru 564,000 kasus. Belum semua kasus TBC ditemukan dan dilaporkan / ternotifikasi sehingga menyebabkan adanya Missing Case sebesar 47%. Kasus yang hilang ini meningkatkan potensi penularan TBC. Lokasi industri hingga saat ini masih belum sepenuhnya terjangkau untuk penanggulangan TBC.

Dalam rangka peringatan Hari Ibu, YKI bersama Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menggelar pertemuan Koordinasi dan Sosialisasi proyek WOW-TB dengan mengangkat tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 80 peserta yang terdiri atas perwakilan HRD perusahaan, pihak PT. JIEP, Sudinkes Jakarta Timur, Disnakertran Provinsi DKI Jakarta, APINDO, Klinik Tirta Medical Center, dan Koalisi Organisasi Profesi TBC Provinsi DKI Jakarta.

“Ibu memiliki peran yang sangat penting. Waktu saya kecil, saya selalu dipantau oleh ibu saya untuk minum obat agar infeksi TBC tidak menjadi positif. Alhamdulilah selesai masa pengobatan saya akhirnya dapat sembuh,” ujar Arif Adhi Sanjaya, Direktur Keuangan PT. JIEP dalam sambutannya.

WOW-TB (Women Empowerment in Workplace to end TB) merupakan program pemberdayaan perempuan di tempat kerja dalam penanggulangan TBC Nasional yang dilaksanakan oleh Yayasan KNCV Indonesia bekerjasama dengan Fullerton Health, dan didukung oleh TB Reach Wave 7. Program ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan kerja bebas TBC dengan memberdayakan perempuan sebagai agen perubahan. Tujuan penting lainnya adalah meningkatkan kesadaran pekerja mengenai TBC melalui kegiatan penyuluhan, serta melakukan skrining (penapisan) TBC pada seluruh pekerja dengan menggunakan mobile clinic.

Dalam rangkaian kegiatan yang diselenggarakan di Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), YKI memberikan pengenalan proyek TBC serta rencana kegiatan yang akan dilakukan dalam satu tahun ke depan, termasuk program pemberdayaan perempuan untuk menanggulangi TBC di lingkungan kerja. Dalam ceramahnya, dr. Fransisca Sriutami – Konsultan Laboratorium YKI, menjelaskan bahwa setiap perusahaan yang dilatih, akan memiliki pegiat TBC (TB Warrior) untuk membantu mengedukasi sesama karyawan dalam hal program TBC sekaligus melaksanakan survei batuk.

“Melalui proyek WOW TB diharapkan 100.000 pekerja akan melakukan skrining TBC dan menemukan 766 kasus baru yang akan diobati. Selain itu juga meningkatan akses layanan kesehatan bagi pekerja,” ujar Fransisca dalam penjelasannya.

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dalam paparannya menjelaskan mengenai situasi TBC di Indonesia saat ini, khususnya kebijakan program penanggulangan di DKI Jakarta. Pemerintah sendiri memiliki pedoman pengendalian TBC di lingkungan kerja. Kebijakan ini dapat mendorong perusahaan-perusahaan untuk memberikan perhatian bagi penemuan dan penanganan kasus TBC di kalangan karyawannya.

“Jakarta merupakan kota metropolitan yang cukup padat dengan kepadatan penduduk 16,000 meter persegi. Padahal menurut WHO, kepadatan penduduk seharusnya dibatasi sampai 9,000/m persegi. Kondisi ini menciptakan banyak lokasi yang tidak layak sebagai tempat tinggal. Pemerintah berupaya keras agar masyarakat dapat hidup dengan sehat. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Pemprov DKI Jakarta untuk menciptakan Jakarta yang yang aman, sehat, dan cerdas,” ujar dr. Murni Naibaho, Kepala Seksi PMTVZ Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Perempuan sebagai sosok Ibu, memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan keluarganya. Dengan berbekal pengetahuan yang memadai mengenai TBC, mereka dapat mengedukasi keluarganya terkait pencegahan penularan serta memahami proses pengobatannya. Sebagai pekerja, mereka juga berhak mendapatkan pengobatan yang memadai sehingga haknya untuk tetap sehat terpenuhi, demikian pula bagi keluargnya.

 

Teks: Melya Findi
Editor: Adele Hutapea
Foto: Amadeus Rembrant

  • 25 May 2022

  • 21 May 2022

  • 17 May 2022

  • 25 April 2022