Lokakarya Pertemuan Koordinasi, Mekanisme Jejaring Rujukan Contoh Uji Antar-Fasilitas Kesehatan di Kabupaten Bone

1 May 2018

Yayasan KNCV Indonesia (YKI) bersama Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bone menyelenggarakan kegiatan Lokakarya Pertemuan Koordinasi (LPK) dalam pelaksanaan rujukan contoh uji dan dukungan bagi pasien Tuberkulosis Resistan Obat (TBC RO) di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan pada tanggal 8 Mei 2018.

Acara LPK tersebut dihadiri oleh 63 orang yang terdiri dari perwakilan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan PT. Pos Indonesia (Persero). Agenda inti dari kegiatan LPK ini adalah pembentukan mekanisme jejaring rujukan antarfasilitas kesehatan dengan Laboratorium Tes Cepat Molekuler (TCM) dengan PT Pos Indonesia (Persero) yang berperan sebagai kurir di tingkat kabupaten, dan memperkenalkan mekanisme penyaluran dukungan dana tunai pengobatan di awal bulan (upfront enabler) bagi pasien TBC RO.

Field Officer YKI memaparkan mekanisme pengiriman contoh uji melalui aplikasi mobile Sistem Informasi TReking Untuk tranSporTasi Spesimen (SITRUST) berbasis Android yang sudah bisa diunduh melalui Google Playstore, dengan penjelasan cara penggunaan aplikasi SITRUST melalui video tutorial dan pengemasan spesimen/contoh uji. Kegiatan LPK kemudian dilanjutkan dengan melakukan simulasi penggunaan aplikasi dan pengemasan contoh uji oleh peserta.

Penyelenggaraan LPK kali ini menghasilkan beberapa keluaran yaitu:

  • kesepakatan jejaring pengiriman contoh uji dari fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) pengirim ke fasyankes penerima,
  • dokumen mekanisme alur penerimaan contoh uji untuk pemeriksaan TCM, mekanisme pengiriman pemeriksaan contoh uji TBC RO ke lab C/DST,
  • dokumen data baseline dari fasyankes pengirim dan fasyankes penerima yang mengikuti uji coba,
  • dan dokumen data kurir PT Pos Indonesia (Persero) beserta tarif.

Pada tahap awal uji coba, koordinasi peserta dan panitia LPK dilakukan melalui salah satu grup chatting jejaring sosial, dan akhirnya pada tanggal 14 Mei 2018 telah dilakukan implementasi pengiriman contoh uji menggunakan aplikasi SITRUST sesuai kesepakatan yang tercapai dalam kegiatan LPK.

  • 25 May 2022

  • 21 May 2022

  • 17 May 2022

  • 25 April 2022