Peluncuran SITRUST Versi Offline: Optimalisasi Pelaksanaan Mekanisme Pengiriman Contoh Uji TBC di Daerah Terbatas Jaringan Internet

2 March 2019

Pada akhir Februari 2019, Yayasan KNCV Indonesia meluncurkan SITRUST versi offline, yang secara khusus dikembangkan untuk mengakomodir pelaksanaan pengiriman contoh uji TBC untuk pemeriksaan laboratorium di daerah dengan jaringan internet lemah atau belum terjangkau jaringan internet. SITRUST versi offline maupun versi online memiliki alur dan fungsi yang sama kecuali dalam proses pengiriman data. Pengiriman data pada SITRUST versi online menggunakan jaringan internet, sedangkan versi offline menggunakan layanan pesan singkat atau Short Message Service (SMS).

SITRUST versi offline pertama kali diperkenalkan di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua pada tanggal 11 Maret 2019 dalam kegiatan Lokakarya Penggunaan Aplikasi SITRUST. Lokakarya yang dilaksanakan melalui dukungan project Challenge TB ini merupakan pelatihan bagi pengguna SITRUST, meliputi fasilitas kesehatan pengirim, fasilitas kesehatan penerima, dan kurir. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Jayawijaya, Staf P2 Dinas Kesehatan Kab. Jayawijaya, Staf Poli DOTS dan Analis dari 9 fasilitas kesehatan terpilih, perwakilan PT POS KPRK Jayawijaya, perwakilan Global Fund Dinas Kesehatan Provinsi, dan Challenge TB.

Pengenalan SITRUST sebagai alat bantu untuk pengiriman contoh uji TBC di Kab. Jayawijaya ini disambut baik oleh Dinas Kesehatan Kab. Jayawijaya. Kepala Dinkes Kab. Jayawijaya, dr. Willy Mambieuw dalam sambutan yang disampaikan pada kegiatan lokakarya menekankan bahwa mekanisme pengiriman contoh uji dapat membantu mengurangi proses penularan sehingga harus diupayakan terlaksana dengan baik. Hal ini selaras dengan latar belakang pengembangan aplikasi SITRUST, yang salah satunya adalah menekan risiko penularan infeksi kuman TB yang terjadi melalui rujukan pasien.

Antusiasme dan respon yang baik terlihat dari fasilitas kesehatan pengguna. Sekitar satu minggu setelah kegiatan pelatihan lokakarya, pada 19 Maret 2019 pengiriman contoh uji melalui aplikasi SITRUST versi offline perdana dilakukan oleh Puskesmas Kurulu. Sampai akhir Maret 2019, total terdapat enam contoh uji tercatat telah dikirimkan. Ini menjadi langkah awal yang baik untuk pelaksanaan mekanisme pengiriman contoh uji TBC dengan pemanfaatan aplikasi SITRUST di Kab. Jayawijaya.

Adapun SITRUST versi online telah diujicobakan di 50 kabupaten/kota dari 10 provinsi di Indonesia pada bulan Juli-Desember 2017. Berdasarkan pencapaian yang signifikan di daerah percontohan, mekanisme pengiriman contoh uji melalui SITRUST telah diperluas dan diperkenalkan ke total 134 kabupaten/kota di Indonesia. Sampai Maret 2019, sebanyak 4.378 fasilitas kesehatan telah mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi SITRUST dan sebanyak 144.681 contoh uji berhasil dikirimkan dengan menggunakan SITRUST.

  • 18 July 2022

  • 20 June 2022

  • 8 June 2022

  • 2 June 2022