TB Recovery Plan Mandiri-TB: Peningkatan Kapasitas Kader Tuberkulosis di Kabupaten Kediri

17 May 2022

Kader merupakan garda terdepan yang dapat memberikan pengaruh pada masyarakat terkait isu-isu kesehatan dan penanggulangannya, salah satunya adalah penanggulangan TBC, di mana Indonesia saat ini merupakan negara dengan kasus TBC tertinggi urutan ketiga dunia berdasarkan WHO Global TB Report tahun 2021.

Untuk mencapai eliminasi TBC, diperlukan upaya penemuan kasus sebanyak banyaknya dan mengobatinya sampai sembuh. Sayangnya, adanya pandemi COVID-19 justru menurunkan angka penemuan kasus TBC. Untuk menggalakkan kembali upaya penemuan kasus TBC, Kabupaten Kediri melakukan peningkatan kapasitas tentang TBC kepada kader untuk membantu melakulan penemuan kasus TBC dengan upaya seperti investigasi kontak dan skrining pada populasi berisiko.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh kader, sebanyak 74 kader diperkenalkan tentang inovasi penggunaan aplikasi SOBAT TB untuk membantu kader dalam pelaksanaan IK, sehingga data hasil IK akan ternotifikasi ke petugas puskesmas untuk bersama-sama ditindaklanjuti hasilnya. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu program dalam melakukan pencatatan dan pelaporan karena sistemnya terintegrasi dengan sistem informasi TBC nasional atau SITB.

  • 18 July 2022

  • 20 June 2022

  • 8 June 2022

  • 2 June 2022