Pertemuan Tingkat Tinggi : Sinergi Multi Sektoral untuk Mengakhiri Tuberkulosis

11 December 2019

Selasa (10/12), di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Stop TB Partnership Indonesia (STPI) didukung oleh USAID bekerja sama dengan Subdit Tuberkulosis, Kementerian Kesehatan RI mengadakan pertemuan tingkat tinggi lintas sektor yang dihadiri oleh tamu-tamu mancanegara maupun domestik untuk membahas komitmen multi sektoral dalam mengakhiri Tuberkulosis. Acara ini dibuka oleh dr. Anung Sugihantono, M. Kes – Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI dengan melaporkan Perkembangan Penanggulangan TBC dan Komitmen Lintas Sektor dalam Penanggulangan TBC di Indonesia.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Pernyataan Komitmen Organisasi Kemasyarakatan dalam Penanggulangan TBC di Indonesia oleh Ir. Arifin Panigoro – Ketua Dewan Pembina STPI. Pernyataan Komitmen ini dilanjutkan dengan Pernyataan Komitmen Internasional dalam Penanggulangan Tuberkulosis oleh Dr. Lucia Ditiu – Direktur Eksekutif Stop TB Partnership global.

“Tuberkulosis berdampak pada psikologis, sosial ekonomi, hingga keluarga pasien. TBC dapat dicegah dan diobati untuk memutus mata rantai dan agar tidak menjadi kebal”, ungkap Menteri Kesehatan – Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad(K) pada pidato arahannya.

Sebelum Menteri Kesehatan meninggalkan acara, para peserta undangan yang hadir melakukan foto bersama untuk mengakhiri acara tersebut.

Thea Hutanamon, Koordinator Advokasi dan Komunikasi STPI menjelaskan, “Pertemuan ini menghasilkan konsesus bahwa upaya eliminasi TBC 2030 adalah prioritas bagi seluruh jajaran lintas sektor pemerintah di setiap tingkat administrasi dan perlu didukung segenap lapisan masyarakat. Pertemuan ini merupakan kesempatan pertama bagi pemangku kepentingan lintas sektor untuk berkumpul pada masa kerja kabinet Indonesia maju. Pada pertemuan lokakarya ini dilakukan konsultasi dengan perwakilan kementerian atau lembaga dari sektor-sektor di luar kesehatan. Hasilnya adalah rancangan komunike peran lintas sektor yang dapat menjadi acuan untuk pengembangan Peraturan Presiden mengenai penyakit Tuberkulosis”.

Teks dan Foto: Amadeus Rembrandt

  • 25 May 2022

  • 21 May 2022

  • 17 May 2022

  • 25 April 2022