Siapa Yang Berisiko Terkena TBC Anak?

29 November 2019

Anak merupakan sosok yang rentan untuk terinfeksi kuman Mycobacterium tuberkulosis (MTB) yang menyebabkan sakit TBC dikarenakan sistem kekebalan tubuh mereka yang lebih lemah. Terdapat empat populasi anak yang rentan terinfeksi kuman MTB, yaitu:

Anak di bawah usia 5 tahun

Anak di bawah usia 5 tahun memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum matang sehingga bakteri MTB yang telah berada di dalam tubuh mudah teraktivasi

Anak dengan AIDS

Bakteri MTB mudah teraktivasi ketika kondisi sistem kekebalan tubuh mulai melemah dikarenakan infeksi virus HIV.

Anak dengan gizi buruk

Gizi buruk pada anak dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh untuk menghadapi invasi bakteri secara umum.

Anak yang kontak erat dengan pasien TBC

Anak yang kontak dengan pasien TBC memiliki risiko untuk terinfeksi kuman MTB (TBC laten). Risiko ini akan semakin meningkat jika kontak erat adalah ibu atau pengasuh anak tersebut.

Salah satu upaya efektif dalam mengurangi jumlah angka kematian pada bayi dan anak akibat TBC adalah melalui vaksinasi BCG yang wajib diberikan pada bayi sebelum menginjak usia 3 bulan. BCG adalah vaksin TBC untuk mengurangi resiko kejadian TBC berat (TBC radang selaput otak/meningitis dan TBC meluas/milier), khususnya pada anak. Anak yang telah mendapat vaksin BCG tidak berarti kebal terhadap infeksi TBC. Lingkungan dan pola hidup bersih serta kecukupan gizi amat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak terhadap infeksi kuman MTB.

Teks: Melya Findi
Editor: Alva Juan

  • 30 May 2022

  • 23 May 2022

  • 16 May 2022

  • 21 February 2022