Simulasi Aplikasi Kesehatan Berbasis Android Sobat TB

22 October 2019

Sobat TB merupakan sebuah aplikasi berbasis android yang ditujukan untuk masyarakat umum. Aplikasi ini berisi informasi-informasi kesehatan terkait Tuberkulosis (TB/TBC), daftar fasilitas layanan kesehatan (Puskesmas, Rumah Sakit), dan komunitas terkait TB. Aplikasi ini dibuat untuk membantu masyarakat agar lebih menyadari dan memahami mengenai gejala TB, sehingga individu terduga TB dapat memeriksakan dirinya ke fasyankes terdekat. Dengan membuat aplikasi yang dapat diakses melalui platform online, diharapkan agar masyarakat dapat mengakses informasi TB dengan lebih cepat, tepat, dan akurat.

 

Karena alasan itulah Yayasan KNCV Indonesia membuat kegiatan simulasi dan sosialiasi awal penggunaan aplikasi Sobat TB. Simulasi ini dilakukan pada hari Kamis, 10 Oktober 2019 di Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dengan turut melibatkan perwakilan dari sejumlah rumah sakit dan puskesmas di Jakarta Selatan, staf Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan.

Aplikasi ini mendapatkan sambutan baik dari para peserta simulasi. Diharapkan nantinya aplikasi ini dapat diintegrasikan dengan platform TB lainnya yang telah dikembangkan di daerah DKI Jakarta, sehingga dapat mewujudkan penanganan TB yang holistik dan komprehensif berbasis daring.

Saat ini, aplikasi ini belum dapat diunduh secara umum, tetapi nantinya direncanakan akan dipublikasikan melalui Play Store (versi Beta). Pada versi Beta, aplikasi ini akan diujicoba terlebih dahulu di daerah Jakarta Selatan.

Teks dan foto: Denisa Widyaputri
Editor: Amadeus Rembrandt

  • 18 July 2022

  • 20 June 2022

  • 8 June 2022

  • 2 June 2022