SITRUST TB: PEMANFAATAN SITRUST DALAM MENDUKUNG PENANGANAN TUBERKULOSIS (TBC) PADA MASA PANDEMI DI KABUPATEN BOYOLALI

5 August 2021

Jumlah kasus baru Tuberkulosis (TBC) di Kabupaten Boyolali dari target 13,213 baru tercapai 5,110 atau 39%, sementara untuk jumlah kasus TBC RO dari target 70 baru tercapai 12 atau 5,83%. Situasi ini menunjukkan bahwa masih perlu kerja keras untuk mencapai eliminasi TBC di Kabupaten Boyolali.

Salah satu kendala yang dihadapi ini adalah terkait persoalan uji diagnostik karena keterbatasan jumlah fasilitas layanan yang dapat melakukan pengujian. Belajar dari beberapa daerah, pengiriman sampel uji ke fasilitas rujukan menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kendala pengujian sampel. Melihat pentingnya hal ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali menyelenggarakan workshop penggunaan aplikasi SITRUST bagi tenaga fasilitas kesehatan di Kabupaten Boyolali. Dalam kegiatan ini Yayasan KNCV Indonesia (YKI) hadir untuk membagikan paparan materi mengenai penggunaan aplikasi SITRUST dalam mendukung pengiriman spesimen.

SITRUST (Sistem Informasi Treking Untuk tranSporTasi spesimen) adalah sistem informasi yang dikembangkan oleh YKI sebagai alat bantu dalam mendukung pelaksanaan pengiriman spesimen atau contoh uji TBC untuk pemeriksaan laboratorium. Kegiatan yang diselenggarakan secara daring ini dihadiri oleh 48 peserta ini dibuka oleh dr. Sherly Jeanne Kilapong, Kabid P2 Kabupaten Boyolali.

”Penanganan TBC di Kabupaten Boyolali belum sesuai target, namun di masa pandemi ini kita banyak belajar untuk mencari solusi yang bisa mengatasi masalah dengan waktu yang singkat. Oleh sebab itu kami melihat bahwa aplikasi yang disampaikan hari ini akan dapat membantu menjawab persoalan ini,” ujar dr. Sherly Jeanne dalam pembukaan kegiatan ini.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan paparan kondisi TBC di Kabupaten Boyolali saat ini oleh perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali serta paparan mengenai aplikasi SITRUST oleh Taufiq Priyo Utomo, Technical Officer YKI. Dalam paparannya ia mengatakan bahwa aplikasi ini terintegrasi dengan SITB (Sistem Pencatatan TB Nasional) sebagai upaya peningkatan akses diagnosis TBC yang berkualitas dan sistem pencatatan pelaporan yang terpadu.

Taufiq menjelaskan secara detail bagaimana alur mekanisme penggunaan SITRUST baik dari faskes (fasilitas kesehatan) pengirim hingga ke faskes penerima. Dalam workshop ini, peserta juga diajak untuk mendemokan secara langsung bagaimana menggunakan aplikasi SITRUST. Harapannya dengan workshop ini dapat membantu memantau dalam pelaksanaan rujukan sampel TCM sehingga dapat termonitor dengan baik, serta lebih jauh membantu dalam penanganan TBC di Kabupaten Boyolali.

 

Teks dan foto: Melya
Editor: Taufiq Priyo Utomo
Gambar: Amadeus Rembrandt

  • 18 July 2022

  • 20 June 2022

  • 8 June 2022

  • 2 June 2022