Sosialisasi Penanggulangan TBC di KBN, Berlangsung Intens

5 February 2020

Selasa, 4 Februari 2020. Yayasan KNCV Indonesia (YKI) melalui proyek TB REACH: WOW-TB,  mengadakan kegiatan sosialisasi Program Penanggulangan TBC di tempat kerja yang bertempat di Kantor Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cabang Cakung dan dihadiri oleh perwakilan dari pihak manajemen 8 perusahaan di KBN Cakung.

Acara diawali dengan sambutan oleh perwakilan Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Utara, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Jakarta Utara, dan General Manager KBN Cakung. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi sosialisasi program WOW-TB oleh dr. Angelin Yuvensia, YKI.

WOW-TB adalah program penanggulangan TBC di tempat kerja melalui pemberdayaan perempuan guna menciptakan lingkungan kerja bebas TBC. Melalui program ini, diharapkan dapat meningkatkan penemuan kasus TBC pada pekerja melalui skrining dan pemeriksaan diagnosis TBC, membuat model penanggulangan TBC melalui tim penggiat TBC (TB Warrior), membentuk jejaring antara perusahaan industri dengan Puskesmas setempat untuk meningkatkan akses ke layanan kesehatan terkait TBC, serta memberdayakan perempuan melalui tim TB Warrior sebagai agen perubahan di lingkungan kerja.

Sesi diskusi dilalui dengan intens. Empat peserta perwakilan perusahaan bertanya tentang gejala, pencegahan, pengobatan TBC serta program WOW-TB dengan antusias. Salah satu peserta yang merupakan perawat di klinik perusahaan berbagi cerita tentang pekerja penderita TBC  yang ditanganinya. Di akhir acara, para peserta diberi kesempatan menceritakan kebijakan perusahaan masing-masing terkait TBC serta program MCU yang sudah dilakukan.

Melalui kegiatan sosialisasi di KBN ini, diharapkan semakin banyak perusahaan yang menyadari pentingnya penanggulangan TBC di tempat kerja dan bersedia ikut serta dalam program WOW-TB.

 

Editor: Amadeus Rembrandt, dr. Alviani Gloria
Foto: Amadeus Rembrandt

  • 18 July 2022

  • 20 June 2022

  • 8 June 2022

  • 2 June 2022