TAHU TB: APAKAH TBC DAPAT TERJADI PADA ORGAN JANTUNG?

29 September 2021

Tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis biasanya menginfeksi organ paru-paru, sehingga disebut dengan TBC paru. Meski demikian, bakteri TBC juga dapat menyerang organ lain di luar paru. Kondisi ini yang dinamakan dengan TBC ekstra paru, atau TBC yang terjadi di luar paru. Jantung merupakan salah satu organ yang mengalami komplikasi tersebut.

Dilansir dari halodoc, disebutkan bahwa TBC pada jantung merupakan suatu kasus yang terjadi pada sekitar 1-2% pasien, yang artinya kasus ini tidak terlalu sering terjadi. Meski jarang terjadi, tuberkulosis pada jantung dapat menyebabkan peradangan dan pengumpulan cairan yang dapat mengganggu kemampuan jantung untuk memompa secara efektif. Bakteri TBC akan menyerang pericardium atau bahkan katup jantung. Jika dibiarkan terus menerus, TBC jantung dapat menyebabkan gagal jantung hingga menyebabkan kematian.

Untuk mencegah hal ini terjadi, maka perlu dilakukan pemeriksaan dini ketika muncul gejala-gejala tuberkulosis agar dapat segera tertangani dengan baik. Melakukan pengobatan obat antituberkulosis (OAT) hingga tuntas, dan menjalani pola perilaku hidup bersih dan sehat.

Sumber:
https://www.halodoc.com/artikel/waspadai-komplikasi-akibat-tuberkulosis
https://health.kompas.com/read/2020/11/28/140600368/5-komplikasi-tbc-yang-perlu-diwaspadai?page=all

Editor: Melya, Triftianti Lieke
Gambar: Amadeus Rembrandt

  • 30 May 2022

  • 23 May 2022

  • 16 May 2022

  • 21 February 2022