TAHU TB: MENGAPA MASIH SERING BERKERINGAT DI MALAM HARI PADAHAL SUDAH MENJALANI PENGOBATAN TBC?

30 September 2021

Berkeringat di malam hari merupakan salah satu gejala yang dialami penderita TBC. Selain ini, gejala lain yang kerap ditemui adalah batuk berkepanjangan lebih dari 2 minggu, batuk berdarah, demam, sesak napas, nyeri dada, nafsu makan berkurang, dan kelelahan. Apabila hasil diagnosa menunjukan seseorang terinfeksi kuman TBC, maka harus diobati dengan obat anti tuberkulosis (OAT) selama 6-9 bulan.

Adapun fase pengobatan TBC meliputi fase intensif dalam 2 bulan pertama dan fase lanjutan (intermiten) dalam 4 bulan berikutnya. Meski demikian seringkali masih ditemui sejumlah keluhan dimana pasien masih menemui gejala TBC meski telah menjalani pengobatan OAT, seperti berkeringat di malam hari. Hal ini biasanya dikarenakan Dosis OAT yang diberikan kurang sesuai/tepat dalam perhitungan berdasarkan BB pasien sehingga Kuman TBC masih banyak yang aktif. Artinya karena dosis OAT tidak tepat maka tidak sanggup membunuh semua kuman TBC yang ada di dalam paru/tubuh pasien. Kuman yang masih aktif inilah yang sering menyebakan pasien berkeringat malam walaupun udara sekitarnya normal.

Pada umumnya seorang pasien yang menjalani pengobatan TBC fase aktif dalam 2 bulan pertama, kuman TBC sudah tidak aktif lagi tetapi bila gejalanya tak kunjung hilang juga dapat menunjukkan adanya potensi resistansi OAT yang dikonsumsi pada kuman TBC.

Biasanya pasien harus kembali melakukan pemeriksaan setelah menjalani 2 bulan pengobatan, yang meliputi tes dahak ulang (pemeriksaan BTA) dan foto rontgen untuk menilai apakah pengobatan TBC yang dijalani memberikan hasil yang baik. Apabila kedua pemeriksaan tersebut tidak menunjukkan tanda perbaikan, maka dokter akan menghitung ulang dosis OAT nya atau mengubah regimen obat.

Meski demikian pengobatan TBC tetap harus berjalan dan tidak boleh putus. Dan proses pengobatan ini juga perlu didukung dengan pola hidup bersih dan sehat serta konsumsi makanan bergizi untuk mendukung proses pengobatan pasien.

 

Sumber:
https://www.cdc.gov/tb/topic/basics/marthastory.htm

 

Editor: Melya, Wera Damianus
Gambar: Amadeus Rembrandt

  • 30 May 2022

  • 23 May 2022

  • 16 May 2022

  • 21 February 2022