TAHU TB: MENGAPA MUNCUL RASA NYERI DI DADA SAAT MENJALANI PENGOBATAN TUBERKULOSIS (TBC)?

30 June 2020

TBC paru adalah infeksi bakteri pada paru-paru yang dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk nyeri dada, sesak napas, dan batuk parah. Pada beberapa kasus, juga ada muncul gejala sesak napas yang dialami. Hal ini akibat dari peradangan pada jaringan paru, sehingga pertukaran udara lebih sulit dilakukan. Selain itu, infeksi TBC juga dapat menyebabkan adanya cairan pada rongga pleura (selaput paru), yang membuat paru-paru jadi lebih sulit berkembang.

Gejala nyeri dada yang muncul saat pasien menjalani pengobatan TBC paru muncul karena infiltrasi radang sudah sampai ke pleura (selaput paru) sehingga menimbulkan peradangan pada selaput pembungkus organ paru-paru atau pleura (pleuritis). Hal ini dapat dikaitkan dengan terjadinya TBC pleura (lapisan tipis antara rongga dada dan paru). Pada TBC pleura, Obat Anti Tuberkulosis yang digunakan sama seperti pengobatan untuk TBC paru.

Apabila kondisi ini muncul, pasien dapat berkonsultasi dengan dokter yang merawat untuk memastikan hal ini. Selain itu perlu dilakukan penilaian ada/tidaknya cairan abnormal di pleura ataupun tatalaksana/pengobatan tambahan.

 

Sumber:

Aplikasi Sobat TB via Forum Terbuka

Teks: Didi Lazuardi
Editor: Melya, Triftianti Lieke
Gambar: Amadeus Rembrandt

  • 6 June 2022

  • 30 May 2022

  • 23 May 2022

  • 16 May 2022