Uji Coba Pemetaan Jejaring Layanan Kesehatan di 4 Kecamatan Provinsi DKI Jakarta

2 May 2018

Dalam upaya mencapai target nasional di dalam pengendalian TB, penting bagi Indonesia untuk melibatkan semua penyedia layanan, khususnya yang berkaitan dengan pengendalian TB di perkotaan. Challenge TB (CTB) bersama dengan Sub Direktorat Tuberkulosis Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, telah mengembangkan pendekatan ‘Urban TB Control’, yang menjadi bagian bauran layanan pemerintah-swasta (Public Private Mix/PPM).

Sebagai Sub Awardee proyek CTB yang didanai oleh United States Agency for International Development (USAID), Yayasan KNCV Indonesia (YKI) memberikan bantuan teknis untuk mengembangkan metode notifikasi dan pemetaan jejaring, yang implementasi tahap uji coba dimulai di 4 Kecamatan dari 4 Kotamadya di Provinsi DKI Jakarta. Keempat kecamatan tersebut dipilih sebagai perwakilan dari wilayah perkotaan di Indonesia yang memiliki rata-rata kepadatan penduduk sebesar 15.367 jiwa per km2 (Sumber : BPS DKI Jakarta, 2015), yang terdiri dari Kecamatan Cengkareng (Jakarta Barat), Kecamatan Pademangan (Jakarta Utara), Kecamatan Kramat Jati (Jakarta Timur), dan Kecamatan Tebet (Jakarta Selatan). Keempat kecamatan tersebut terdiri dari 23 kelurahan, 262 Rukun Warga (RW), dan 3.066 Rukun Tetangga (RT).

Pada 19 Oktober 2017 dilaksanakan Pertemuan Koordinasi di Tingkat Provinsi di Hotel Novotel Jakarta, yang bertemakan “Pertemuan Koordinasi Pelaksanaan Pemetaan Jejaring Layanan Kesehatan di 4 Kecamatan Provinsi DKI Jakarta”. Pertemuan ini dihadiri oleh 25 peserta yang terdiri dari perwakilan Sub Direktorat Tuberkulosis Kementerian Kesehatan, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Unit Pelaksana Teknis Jakarta Smart City Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Kehumasan Provinsi DKI Jakarta, Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Utara (Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit/P2P), Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Timur, Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Barat, Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Selatan, dan Ikatan Laboratorium Kesehatan Indonesia (ILKI) DKI Jakarta, Challenge TB, dan Yayasan KNCV Indonesia. Kegiatan ini merupakan bagian dari program penanggulangan TB di perkotaan (Urban TB Control).

  • 25 May 2022

  • 21 May 2022

  • 17 May 2022

  • 25 April 2022