AMPUH HIV: PENGIRIMAN SPESIMEN VIRAL LOAD HIV BAGI ODHIV DI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

21 November 2020

Tanggal 21 November diperingati sebagai hari jadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Perlu kita ketahui bersama bahwa area kerja proyek AMPUH adalah semua provinsi termasuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terdapat satu layanan Perawatan, Dukungan, dan Pengobatan (PDP) yang menjadi dampingan proyek AMPUH yaitu RSUD Depati Hamzah yang terletak di Kota Pangkal Pinang.

Meski saat ini belum terdapat alat pemeriksaan viral load HIV di Kota Pangkal Pinang, orang yang hidup dengan HIV (ODHIV) yang berobat di RSUD Depati Hamzah dapat mengakses pemeriksaan viral load HIV. Pemeriksaan Viral Load HIV  bertujuan untuk memantau efektivitas pengobatan, sehingga keputusan medis dapat diambil berdasarkan hasil tes viral load HIV demi kesehatan pasien.Pemeriksaan ini sangat penting bagi ODHIV agar mengetahui jumlah virus di dalam tubuhnya apakah tersupresi atau tidak.

Dalam kegiatan Akselerasi Pemeriksaan Viral Load HIV atau yang biasa dikenal Bulan Viral Load HIV, jejaring eksternal rujukan spesimen viral load HIV dari RSUD Depati Hamzah adalah ke RSUP H. Adam Malik yang terletak di Kota Medan, Sumatera Utara. Pasien ODHIV yang berobat di RSUD Depati Hamzah dapat datang ke layanan PDP. Petugas PDP nantinya akan mengarahkan pasien ke laboratorium untuk pengambilan sampel. Setelah sampel terkumpul maka sampel tersebut akan dikirim untuk diperiksa di laboratorium RSUP H. Adam Malik.

Semua kegiatan ini tercatat dalam Sistem Informasi Untuk Transport Spesimen (SITRUST HIV) yang telah dikembangkan oleh Yayasan KNCV Indonesia. Sehingga RSUD Depati Hamzah dapat melakukan trekking pengiriman spesimen, serta dapat mengetahui kondisi spesimen apakah baik atau rusak. Selain itu juga dapat mengetahui hasil pemeriksaan yang nantinya hasil tersebut dapat dilakukan export ke Aplikasi Rekap Kohort (ARK).

Pengiriman spesimen viral load HIV dari RSUD Depati Hamzah dilakukan pertama kali pada hari Kamis, 8 Oktober 2020 dengan jumlah 42 spesimen. Jumlah spesimen yang dikirim setiap minggunya cenderung bervariasi. Pengiriman dengan jumlah spesimen terbanyak adalah pengiriman pada hari Kamis, 12 November 2020 yaitu sebanyak 89 spesimen.

Dengan adanya dukungan proyek AMPUH, diharapkan semua ODHIV yang memenuhi kriteria untuk periksa viral load HIV dapat mengakses pemeriksaan tersebut.  Semua kegiatan mulai dari permintaan pemeriksaan hingga hasil keluar dapat tercatat melalui SITRUST HIV sehingga memudahkan bagi petugas RSUD Depati Hamzah, Dinas Kesehatan Kota Pangkal Pinang dan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam melakukan monitoring terhadap spesimen yang dikirim.

Yayasan KNCV Indonesia (YKI) bekerja sama dengan Yayasan Kasih Suwitno (YKS) membantu Sub Direktorat HIV AIDS dan Penyakit Infeksi Menular Seksual Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Bulan Viral Load HIV merupakan rangkaian kegiatan proyek AMPUH (Accelerating viral load testing aMong PLHIV through SITRUST and High-quality laboratories) yang diselenggarakan secara bertahap di kabupaten/kota terpilih di 34 provinsi di Indonesia selama tahun 2020. Proyek AMPUH dilaksanakan melalui bantuan pendanaan dari The Global Fund.

 

Teks: Alfi Lailiyah, Yuni Asnitasari
Editor: Melya, Khairunissa

  • 13 November 2020

  • 13 November 2020

  • 13 November 2020

  • 9 November 2020