Bukan Sekedar Perlombaan dan Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia

13 March 2022

Tuberkulosis (TBC) masih menjadi masalah nyata yang dihadapi oleh dunia, termasuk Indonesia. Hari Peringatan Tuberkulosis Sedunia dimaksudkan untuk mengisi “baterai” kita kembali untuk memacu percepatan eleminasi TBC diberbagai negara.

Tema global Hari Tuberkulosis Sedunia tahun 2022 adalah “Invest to End TB. Save Lives”. Tema yang sangat sarat akan makna untuk masa depan. Di Indonesia sendiri, peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) bertemakan “Investasi untuk Eliminasi TBC, Selamatkan Bangsa”. Dari tema ini kita memahami bahwa stakeholders yang terlibat dalam mengeliminasi bukan hanya dari pemerintah, tetapi semua pihak termasuk swasta, NGO, komunitas dan pihak-pihak lainnya. Dan mengartikan bahwa, ketika kita menanggulangi TBC, sebenarnya kita sedang berinvestasi.

Yayasan KNCV Indonesia (YKI) turut memperingati HTBS dengan mengadakan lomba bagi para kader dan tenaga kesehatan. Kegiatan ini dimulai sejak tanggal 01 Maret dan berakhir ditanggal 20 Maret 2022 dengan tema “Temukan dan Cegah TBC dengan Aplikasi Sobat TB”.

YKI berharap banyak kader dan tenaga kesehatan yang ikut berpartisipasi. Karena kontribusi mereka untuk menemukan orang-orang yang terpapar TBC (investigasi kontak) dan pemberian terapi pencegahan TBC (TPT) akan sangat membantu Indonesia dalam memutus rantai penularan TBC. Dimanapun kamu, apapun profesimu, berapapun usiamu, aksi nyatamu adalah hal yang Indonesia tunggu.

Kami tunggu aksi nyatamu!

Perlombaan ini juga didukung oleh berbagai sponsor, diantaranya: Roche, PT Agro Mitra Alimentare, Oxford Immunotec dan PT Impack Pratama Industri.

YKI sangat mengapresiasi sekali kepada para sponsor yang telah menjadi bagian dari perlombaan ini. Brand-brand ini juga memiliki kesamaan visi dengan YKI, yakni membantu  agar Indonesia jauh lebih baik, membantu Indonesia bebas dari TBC.

#SOBATTB #TOSSTBC

  • 21 July 2022

  • 18 July 2022

  • 20 June 2022

  • 8 June 2022