AMPUH HIV: DINAS KESEHATAN MENGINISIASI PERTEMUAN UNTUK MENDUKUNG PELAKSANAAN BULAN VIRAL LOAD DI PROVINSI SULAWESI SELATAN

28 September 2020

Aplikasi SITRUST HIV yang dikembangkan oleh Yayasan KNCV Indonesia, menjadi salah satu toolspenting dalam mendukung pelaksanaan kegiatan Bulan Viral Load HIV. Untuk memaksimalkan penggunaannya bagi petugas layanan perawatan, dukungan, dan pengobatan (PDP) HIV, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan menginiasiasi pertemuan guna pemantapan penggunaan aplikasi SITRUST HIV. Selain itu juga untuk memberikan dukungan teknis mengenai mekanisme pelaksanaan Bulan Viral Load HIV agar dapat dipahami dengan baik oleh petugas PDP maupun laboratorium rujukan.

Pertemuan yang diselenggarakan pada tanggal 21 September 2020 ini mendiskusikan mengenai rencana kerja tindak lanjut dari pertemuan lokakarya nasional sebelumnya. Peserta juga diajak untuk kembali mempraktikkan penggunaan aplikasi SITRUST HIV dan mendapat penjelasan mengenai mekanisme penjemputan sampel dan pengembalian kontainer kosong. Dari pertemuan ini didapatkan sejumlah luaran yang disepakati bersama, diantaranya PDP akan membuat daftar ODHA yang perlu melakukan pemeriksaan viral load (VL) berdasarkan kriteria program nasional serta menyepakati jadwal pengambilan sampel. Lab PDP pengirim akan mulai pengumpulan spesimen dan mulai melakukan order penjemputan menggunakan aplikasi SITRUST HIV mulai tanggal 28 September 2020. Sementara itu Dinas Kesehatan Provinsi akan mempersiapkan dan memastikan kelengkapan reagen, ketersediaan bahan habis pakai (BHP) maupun formulir pemeriksaan lab, serta koordinasi dengan pendamping untuk kelancaran akses ODHA ke fasyankes.

“Untuk mendukung pelaksanaan Bulan VL, perlu didukung pemahaman yang baik dari teman-teman petugas PDP agar bisa memberikan layanan yang baik kepada ODHA, serta melakukan pemetaan ODHA potensial dan melibatkan komunitas pendamping untuk mendatangkan ODHA dampingan ke layanan,” ujar Rasmah RAS, Pengelola Program HIV dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

Yayasan KNCV Indonesia (YKI) bekerja sama dengan Yayasan Kasih Suwitno (YKS) membantu Sub Direktorat HIV AIDS dan Penyakit Infeksi Menular Seksual Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Bulan Viral Load HIV merupakan rangkaian kegiatan proyek AMPUH (Accelerating viral load testing aMong PLHIV through SITRUST and High-quality laboratories) yang akan diselenggarakan secara bertahap di kabupaten/kota terpilih di 34 provinsi di Indonesia selama tahun 2020. Proyek AMPUH dilaksanakan melalui bantuan pendanaan dari The Global Fund.

 

Teks dan foto: dr. Fenni
Editor: Melya, Alva Juan
Gambar: Amadeus Rembrant

  • 21 November 2020

  • 13 November 2020

  • 13 November 2020

  • 13 November 2020