AMPUH HIV : Peran SITRUST dalam Mendukung Pelaksanaan Bulan Viral Load HIV di Kabupaten Mimika

22 August 2020

Pelaksanaan Bulan Viral Load (VL) di Kabupaten Mimika, Papua selama 4 pekan pertama telah dilakukan oleh 7 fasyankes yang terlibat. Mekanisme rujukan pemeriksaan VL dilakukan secara eksternal (dari fasyankes PDP ke fasyankes Laboratorium Rujukan) dan internal (dari fasyankes Laboratorium rujukan sendiri). Dua Rumah Sakit, yakni RS Mitra Masyarakat dan RS Tembagapura mengirimkan sampel plasma, sedangkan 4 fasyankes lainnya (Puskesmas) meskipun belum menerima BHP, tetap berkontribusi dengan mengirimkan sampel whole blood (salah satu komponen darah saja, antara lain sel darah merah) dan diantarkan oleh petugas sendiri ke Laboratorium RSUD Kabupaten Mimika.

Hingga pekan keempat, sebanyak 219 sampel telah dikirimkan, dimana fasyankes yang paling banyak mengirimkan sampel adalah RS Mitra Masyarakat. Temuan di lapangan juga menunjukkan bahwa hingga saat ini belum ada sampel rusak yg diterima. Pemeriksaan VL sendiri telah dilakukan pada awal pekan keempat sejak kontrol reagen diterima RSUD Kabupaten Mimika. Seluruh proses pengiriman dan pemeriksaan ini tercatat secara manual dan menggunakan aplikasi SITRUST HIV, baik versi mobile maupun website oleh fasyankes pengirim, fasyankes penerima/pemeriksa serta bisa dipantau langsung oleh Dinas Kesehatan.

SITRUST HIV membantu dalam melakukan monitoring tracking kegiatan pengiriman spesimen dengan versi mobile dan website sesuai kebutuhan dan fungsi masing-masing fasyankes. Diharapkan 90% Hasil Pemeriksaan VL HIV tersupresi sehingga ODHA memiliki kualitas hidup yang lebih baik (tidak menularkan dan tetap produktif).

Yayasan KNCV Indonesia (YKI) bekerjasama dengan Yayasan Kasih Suwitno (YKS) membantu Sub Direktorat HIV AIDS dan Penyakit Infeksi Menular Seksual Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk menyelenggarakan kegiatan lokakarya ini. Kegiatan ini merupakan rangkaian implementasi proyek AMPUH (Accelerating viral load testing aMong PLHIV through SITRUST andĀ High quality laboratories) dalam kegiatan Bulan Viral Load HIV yang akan diselenggarakan secara bertahap di kabupaten kota terpilih selama sisa tahun 2020. Proyek AMPUH dilaksanakan melalui bantuan pendanaan dariĀ The Global Fund.

Teks dan Foto: Rizky Chaeraty Syam
Editor: Melya Findi dan Fenni

  • 21 November 2020

  • 13 November 2020

  • 13 November 2020

  • 13 November 2020