AMPUH HIV: UPAYA KOTA MALANG DALAM MENDUKUNG PELAKSANAAN PEMERIKSAAN VIRAL LOAD HIV

6 October 2020

Jumat, 18 September 2020, Dinas Kesehatan Kota Malang menyelenggarakan Pertemuan Monitoring dan Evaluasi Pokja Perawatan, Dukungan, dan Pengobatan (PDP). Pertemuan tersebut bertujuan untuk memantau dan melakukan evaluasi terkait program HIV. Pertemuan ini dihadiri oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Dinas Kesehatan Kota Malang, Layanan PDP dan Tim AMPUH YKI. Dalam pertemuan tersebut, dibahas mengenai beberapa capaian, seperti jumlah ibu hamil yang dites HIV, tren Lost to Follow Up (ketidakhadiran pasien) dan juga upaya untuk meningkatkan capaian pemeriksaan viral load HIV.

Beberapa upaya dilakukan oleh Kota Malang dimana salah satunya adalah dengan penguatan jejaring melalui dukungan transportasi spesimen. Jejaring pengiriman saat ini untuk wilayah Kota Malang adalah ke RSUD Dr. Soetomo. Namun, ke depannya tidak menutup kemungkinan RSUD Dr. Saiful Anwar akan menjadi RS Rujukan di Kota Malang karena telah tersedianya mesin Abbott 2000.

Lebih lanjut, guna meningkatkan layanan untuk pemeriksaan viral load HIV di Kota Malang, juga melalui pemanfaatan aplikasi pengiriman spesimen. Dalam pertemuan tanggal 18 September ini, peserta dibekali ilmu mengenai Sistem Informasi Untuk Transport Spesimen (SITRUST HIV). Tim AMPUH YKI memberikan gambaran mengenai SITRUST HIV dan mempraktikkan cara melakukan order pengiriman paket spesimen, melihat treking dan cara melihat hasil pemeriksaan viral load HIV. Nantinya hasil tersebut dapat di-download kemudian di-export ke dalam Aplikasi Rekap Kohort (ARK).

Dengan upaya penguatan jejaring transportasi spesimen dan pemanfaatan aplikasi pengiriman spesimen, diharapkan ODHA yang sedang menjalani pengobatan ARV dan memenuhi kriteria untuk pemeriksaan dapat mengakses pemeriksaan viral load HIV. Di sisi lain, semua spesimen yang dikirim ke RS Rujukan, dalam hal ini RSUD Dr. Soetomo tercatat dalam SITRUST HIV, baik treking pengiriman spesimen, kondisi spesimen saat tiba di RS Rujukan dan hasil pemeriksaan viral load. Sehingga nantinya hasil pemeriksaan viral load HIV ini dapat di-download oleh layanan PDP untuk dilaporkan melalui ARK.

Yayasan KNCV Indonesia (YKI) bekerja sama dengan Yayasan Kasih Suwitno (YKS) membantu Sub Direktorat HIV AIDS dan Penyakit Infeksi Menular Seksual Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Bulan Viral Load HIV merupakan rangkaian kegiatan proyek AMPUH (Accelerating viral load testing aMong PLHIV through SITRUST and High-quality laboratories) yang akan diselenggarakan secara bertahap di kabupaten/kota terpilih di 34 provinsi di Indonesia selama tahun 2020. Proyek AMPUH dilaksanakan melalui bantuan pendanaan dari The Global Fund.

Teks dan Foto: Alfi Lailiyah
Editor: Melya, dr. Suhartini

  • 21 November 2020

  • 13 November 2020

  • 13 November 2020

  • 13 November 2020