WOW-TB: KOMITMEN BERSAMA PENANGGULANGAN TBC DI TEMPAT KERJA DI KOTA TANGERANG

27 November 2020

Yayasan KNCV Indonesia bersama Dinas Kesehatan Kota Tangerang mengadakan Pertemuan Koordinasi Kick-Off Meeting Program WOW-TB (Women Empowerment in Workplace to End-TB) di Grand Soll Marina Hotel, Jatiuwung, Tangerang. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada perusahaan undangan mengenai program peningkatan pengetahuan tentang TBC dan skrining TBC di tempat kerja melalui program WOW-TB.

Pertemuan ini diselenggarakan pada tanggal 25 November 2020 dan dihadiri oleh perwakilan Subdirektorat TB, Subdirektorat Okupasi Kementerian Kesehatan, Disnaker Kota Tangerang, KOPI TB unsur PDPI, serta Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kota Tangerang untuk mendukung dan menjelaskan pentingnya program TBC di tempat kerja. Pada akhir pertemuan diadakan penandatanganan persetujuan dalam pelaksanaan program WOW-TB oleh pimpinan HRD dari 17 perusahaan di Kecamatan Jatiuwung.

Adapun proyek Women Empowerment in Workplace (WOW TB) ini memiliki empat komponen. Dalam paparannya dr. Regina Putri Apriza, Technical Officer Yayasan KNCV Indonesia memaparkan keempat hal tersebut adalah melakukan penyuluhan tentang TBC untuk para pekerja, melakukan skrining (penapisan) TBC pada seluruh pekerja, diagnosis TBC dengan mobile clinic pada pekerja yang terduga TBC, dan membangun jejaring pelayanan kesehatan terkait TB antara perusahaan dengan puskesmas yang terintegrasi dalam Program Penanggulangan Tuberkulosis Nasional.

Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari proyek WOW TB (Women Empowerment in Workplace to End TB). Proyek ini mendapatkan pembiayaan dari Stop TB Partnership dalam Proyek TB Reach Wave 7. WOW TB mengundang perusahaan industri di wilayah Jakarta Utara (Kec. Tanjung Priok, Penjaringan, Cilincing), Jakarta Timur (Kec. Cakung), dan Kota Tangerang (Kec. Jatiuwung) untuk mendaftarkan perusahaannya dalam program Skrining dan Pemeriksaan TBC untuk Pekerja Industri ini.

 

Teks dan Foto: Regina Putri Apriza
Editor: Melya
Gambar: Amadeus Rembrant

  • 23 June 2020

  • 5 February 2020

  • 28 January 2020

  • 24 December 2019